APLIKASI PRAKTIKUM LABORATORIUM BAHASA PEMROGRAMAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

Habib Al Bay Haqqi, Revie Nur Arsena, Syahrul Riza Andi Santoso, Tutuk Indriyani

Abstract


Di era modern ini, teknologi informasi berkembang sangat pesat seiring dengan kebutuhan manusia yang terus berkembang. Tidak hanya manusia, teknologi juga berperan penting dalam dunia pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Terdapat 3 laboratorium di Departemen Informatika Institut Teknologi Adhi Tama yaitu Laboratorium Bahasa Pemrograman, Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak dan Laboratorium Jaringan Komputer. Di laboratorium bahasa pemrograman terdapat 2 mata kuliah yang digunakan sebagai praktikum. Pelaksanaan praktikum di laboratorium bahasa pemrograman saat ini masih menggunakan aplikasi yang harus di install terlebih dahulu di laptop atau komputer masing-masing mahasiswa. Menurut kami praktikum ini cara lama karena harus install aplikasi text editor terlebih dahulu, bila ada mahasiswa yang tidak memiliki laptop atau komputer mungkin akan sulit untuk mengikuti praktikum. Dengan adanya aplikasi praktikum mahasiswa bisa lebih nyaman coding atau koding dan tanpa membebani laptop atau komputer mahasiswa karena hanya membutuhkan browser dan internet. Metode waterfall sangat membantu dalam pembuatan aplikasi karena memiliki tahapan yang berurutan mulai dari pengumpulan data, pemodelan, implementasi dan pengujian perangkat lunak.

Full Text:

PDF

References


M. Mgunda, “The Impacts Information Technology On Business,” Dec. 2019. doi: 10.32535/jicp.v2i3.656.

T. Indriyani and D. Ratnasari, “METODE ACTIVE CONTOUR BERBASIS LEVEL SET UNTUK SEGMENTASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN RAYA (STUDI KASUS JALAN DI SURABAYA),” p. 10, 2015.

U. Hanifah Salsabila, L. Irna Sari, K. Haibati Lathif, A. Puji Lestari, and A. Ayuning, “Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19,” Al-Mutharahah J. Penelit. Dan Kaji. Sos. Keagamaan, vol. 17, no. 2, pp. 188–198, Nov. 2020, doi: 10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.

T. Indriyani and M. Ruswiansari, “Kontrol Jarak Jauh Sistem Irigasi Sawah Berbasis Internet Of Things (IoT),” p. 8.

S. Waskito, P. Wasito, and I. Waspada, “Sistem Informasi Layanan Praktikum Berbasis Web (Studi Kasus: Laboratorium Pelayanan Komputasi Jurusan Ilmu Komputer / Informatika Universitas Diponegoro),” J. Masy. Inform., vol. 6, Apr. 2015, doi: 10.14710/jmasif.6.11.15-26.

L. Fitriani, R. Cahyana, and N. Zakiatinnufus, “Rancang Bangun Aplikasi Presensi Fingerprint Berbasis Android dengan Menggunakan Metode Waterfall,” vol. 18, no. 2, p. 11.

Daniel Dido Jantce TJ Sitinjak, Maman, and Jaka Suwita, “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KURSUS BAHASA INGGRIS PADA INTENSIVE ENGLISH COURSE DI CILEDUG TANGERANG,” J. IPSIKOM, vol. 8, Jun. 2020.

Prayitno Agus and Yulia Safitri, “Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis,” vol. 1, p. 10.

A. A. Zabar and F. Novianto, “KEAMANAN HTTP DAN HTTPS BERBASIS WEB MENGGUNAKAN SISTEM OPERASI KALI LINUX,” Komputa J. Ilm. Komput. Dan Inform., vol. 4, no. 2, pp. 69–74, Oct. 2015, doi: 10.34010/komputa.v4i2.2427.

G. H. A. Kusuma, “Perancangan Skema Sistem Keamanan Jaringan Web Server menggunakan Web Application Firewall dan Fortigate untuk Mencegah Kebocoran Data di Masa Pandemi Covid-19,” vol. 2, p. 4, 2021.

“PHP,” Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. May 29, 2022. Accessed: Jun. 14, 2022. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=PHP&oldid=21167306

F. Natacia and E. Mailoa, “Perancangan Aplikasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel,” vol. 6, p. 13, 2022.

J. Wulf and I. Blohm, “Service Innovation through Application Programming Interfaces - Towards a Typology of Service Designs,” p. 12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Penulis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.