PERANCANGAN APLIKASI E-COMMERCE ARBEAUTY STORE UNTUK USAHA TOKO KECANTIKAN MENGGUNAKAN METODE SPIRAL

Nur Holis Kafi, Septiyawan Rosetya Wardhana

Abstract


E-commerce merupakan salah satu cara untuk mempromosikan suatu produk di internet. Dengan adanya e-commerce banyak kemudahan yang bisa diberikan untuk calon konsumen seperti kemudahan dalam bertransaksi, pemilihan produk dan calon konsumen dapat melakukan pesanan dari berbagai tempat. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah sistem informasi berbasis ecommerce menggunakan metode sistem pengembangan spiral yang nantinya dapat membantu dalam pengolahan data, promosi dan transaksi yang dilakukan melalui media website ecommerce. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode perancangan Spiral Model. Spiral model merupakan gabungan antara model prototyping dan waterfall dimana metode pengembangan ini mempunyai tahapan pengembangan yang dilakukan secara berulang. Dalam Spiral Model, pengembangan aplikasi dilakukan secara bertahap sesuai keinginan user. Tahapan-tahapannya yaitu tahap liason, perencanaan, analisia resiko, tahap rekayasa, construction and release, evaluasi. Hasil dari aplikasi tersebut diuji menggunakan  metode usability testing dengan 7 responden dengan mendapatkan nilai rata-rata 85,24% dimana angka tersebut dikategorikan baik dan aplikasi layak dipakai.

Keywords


E-Commerce; Metode Spiral; Usability Testing

Full Text:

PDF

References


A. G. Gani, “PENGENALAN TEKNOLOGI INTERNET SERTA DAMPAKNYA,” p. 16.

D. Irmawati, “PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM DUNIA BISNIS,” p. 19, 2011.

A. P. Kusuma and K. A. Prasetya, “PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI E-COMMERCE UNTUK PENJUALAN BAJU ONLINE BERBASIS ANDROID,” vol. 11, no. 1, p. 11, 2017.

S. M. Maulana and H. Susilo, “IMPLEMENTASI E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PENJUALAN ONLINE,” p. 9.

D. Yadewani and R. Wijaya, “PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus : AMIK Jayanusa Padang),” J. Benefita, vol. 2, no. 2, pp. 102–109, Jul. 2017, doi: 10.22216/jbe.v2i2.478.

A. D. Putra and A. D. Putra, “RANCANG BANGUN APLIKASI E-COMMERCE UNTUK USAHA PENJUALAN HELM,” J. Inform. Dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 1, pp. 17–24, Jun. 2020, doi: 10.33365/jatika.v1i1.145.

D. Apriadi and A. Y. Saputra, “E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian,” J. RESTI Rekayasa Sist. Dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 131–136, Oct. 2017, doi: 10.29207/resti.v1i2.36.

D. Pranata, H. Hamdani, and D. M. Khairina, “Rancang Bangun Website Jurnal Ilmiah Bidang Komputer (Studi Kasus : Program Studi Ilmu Komputer Universitas Mulawarman),” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 10, no. 2, p. 25, Sep. 2015, doi: 10.30872/jim.v10i2.187.

S. Handayani, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS E-COMMERCE STUDI KASUS TOKO KUN JAKARTA,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 2, pp. 182–189, Aug. 2018, doi: 10.33096/ilkom.v10i2.310.182-189.

E. Saputra, Z. Mazalisa, R. Andryani, and J. A. Y. No, “USABILITY TESTING UNTUK MENGUKUR PENGGUNAAN WEBSITE INSPEKTORAT KOTA PALEMBANG,” p. 9, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Penulis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.