PEMBUATAN SISTEM PENJUALAN BATU BATA UNTUK UKM MRH JAYA DI MOJOKERTO

Ahmad Zen Mustafa, Eri Rahmawati, Restu Singgih Arrohman, Nanang Fakhrur Rozi

Abstract


 

Mekanisme pelaksanaan penjualan yang dilakukan UKM MRH Jaya yakni dengan mencatat penghasilan  tiap bulan serta pemberian nota kepada pembeli masih dengan perhitungan manual dan pencatatan secara manual. Permasalah yang terjadi pada MRH Jaya sering kali kehilangan nota dan catatan transaksi penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Penjualan Batu Bata untuk UKM MRH Jaya Di Mojokerto yang Berbasis Web sebagai usaha pembuatan batu bata. Sistem Penjualan Batu Bata tersebut bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat dalam melakukan transaksi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada suatu tempat/obyek pembuatan dan penjualan yang masih perlu dilakukan pengembangan. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah Bapak Rejo,yaitu pengelola dari MRH Jaya. Hasil penelitian kami langsung ke lapangan menunjukkan bahwa,pada UKM MRH Jaya ini masih sangat perlu dilakukan pengembangan,terutama pada Sistem Penjualannya. Maka dari itu kami memiliki gagasan untuk melakukan Pengembangan Sistem Penjualan Batu Bata berbasis Web,guna memudahkan UKM MRH Jaya untuk mempermudah dan mempercepat proses transaksi penjualan batu bata pada UKM MRH Jaya Di Mojokerto.

 


Full Text:

PDF

References


Elmasri, Ramez Shamkant B. Navathe. 2011. Fundamentals Of Database System. 6thEdn. Pearson Education Inc, Boston..

Kusuma, Nico Valianto. 2017. “Apa yang Dimaksud Basis Data”. https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-basis-data/13091/3, diakses pada tanggal 2 Mei 2019.

Ramaditya, Fendy. 2017. “Analisi Dan Perancangan SIstem Informasi”. http://fendy-rahmaditya-fst14.web.unair.ac.id/artikel_detail-169763-Perbaikan%20APSI-Analisis%20Dan%20Perancangan%20Sistem%20Informasi.html, diakses pada tanggal 25 Juni 2019.

Schwartz, B, Peter, & Vadim. 2012. High Performance MySQL. 3rdEdn. O’Reilly Media Inc, California.

Swastha, Basu. 1999. Manajemen Penjualan. Yogyakarta : BPFE.

Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi, Edisi Ketiga, Cetakan Ketiga. Jakarta : Salemba Empat.

Purbo, Onno W. Wahyudi, Aang Arif. 2001. Mengenal e-commerce. Jakarta : Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.