Perencanaan Plat Studi Teknik Sipil Menggunakan Material Bondeck Pada Project Pabrik Cat

Mahtori Yuliyanto, Zidan Amiruddin Hidayatulloh

Abstract


Dunia konstruksi di Indonesia berkembang pesat untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat, memberikan kenyamanan dan membantu mereka untuk memiliki kemakmuran yang maju. Untuk itu jumlah proyek konstruksi yang sedang berjalan saat ini sangat banyak, sehingga para insiyur harus memperhatikan untuk memiliki kualitas konstruksi yang baik. Salah satu pengembangan material struktur adalah bondek sebagai material bekisting plat yang mempunyai kelebihan dari pada material konvensional. Bondek atau dalam istilah luar nya adalah steel deck merupakan salah satu inovasi bahan bangunan di bidang konstruksi yang berupa material yang terbuat dari baja berbentuk lembaran-lembaran yang digunakan untuk menbuat pelat lantai. Penggunaan bondek sendiri dapat menghemat penggunaan kayu bekisting pada pembuatan pelat lantai pada umum nya serta menjadi tulangan positif pelat lantai tersebut. Penggunaan bondek untuk pelat lantai dapat menghemat biaya di karenakan bondek dapat berperan sebagai bekisting sekaligus sebagai tulangan positif pada pelat lantai, tetapi di sisi lain penggunaan bondek menyebabkan penggunaan bahan baku baja meningkat, dimana harga bahan baku baja di pasaran tidaklah murah. Penggunaan material bondek di dasarkan pada kelebihan nya yaitu pengerjaan yang lebih cepat, serta sifat nya yang anti karat. Pada project pabrik cat di wonoayu, sidoarjo menggunakan plat bondek dengan spesifikasi merk Smartdeck Lysaght dengan tebal 0,7 mm, lebar efektif 960 mm dan Panjang 12000 mm serta menggunakan material wiremesh M10 dengan spasi 50 mm.


Full Text:

PDF

References


Putri, Diah ayu. (2017). Analysis Of Strength From Bondek Floor Slab And Comparative Price Of It’s Construction Cost. Jurnal Teknik Sipil, 30-44

Putri, Risa Fitriadini. (2023). Perencanaan Bangunan Blilu Coffe and Eatery. Jurnal Teknik sipil. 85-164.

Amon, Rene., Bruce Knobloch dan Atanu Mazumder. Perencanaan Konstruksi Baja Untuk Insinyur Dan Arsitek 1. Terjemahan oleh Ridwan Handoyo. Pradnya Paramita. Jakarta. 2000

Badan Standardisasi Nasional. Spesifikasi untuk bangunan gedung baja struktural. SNI 1729-2015. Jakarta. 2015.

Setiawan, Agus. Perencanaan Struktur Baja dengan Metode LRFD. Erlangga. Semarang. 2008.

Asroni Ali, Balok dan Pelat Beton Bertulang. Yogyakarta: Graha Ilmu Yogyakarta, 2010.

Paryanto, & Hendarti, L. (2017). Analisis Perbandingan Biaya Pelaksanaan Pelat Beton dengan Metode Bondex dan Konvensional. Jurnal Program Studi Teknik Sipil Universitas Surakarta, 29-31.

Abdullah, R., & Easterling, W. S. (2007). Determination of Composite Slab Strength Using a New Elemental Test Method. Journal of Structural Engineering, 9, 133.

Wibawa, I. D. (2017). Perbandingan Kebutuhan Biaya Pekerjaan Pengecoran Pelat Lantai Metode Konvensional dengan Metode Floor Deck Studi Kasus Pada Pembangunan Proyek The Hattens Wines Bali. Jurnal Logic, 17, 60-66.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.