Pembangunan Saluran U-Ditch 150/150 dengan Cover Gandar 10 ton (Jl. Dukuh Kupang XXV)

Naufal Rais Fadhilah, Reindra Saputra, Mohammad Fachrurozi Rozik

Abstract


Salah satu pembangunan yang paling penting adalah saluran drainase. Saluran drainase berfungsi untuk mengatur aliran air dengan mengalirkan atau membuang kelebihan air yang berasal dari air hujan, rembesan, atau irigasi. Saluran drainase yang baik akan berpengaruh terhadap kondisi lingkungan suatu kawasan, misalnya dapat mencegah banjir atau timbulnya genangan air. Pada Penelitian ini akan dibandingan antara metode konvensional dengan metode pracetak, kita dapat memilih ataupun membandingkan mana metode yang dapat memberi keuntungan dari segi biaya dan waktu agar dapat mengurangi jumlah yang dibutuhkan dalam pembangunan saluran drainase. Adapun hasil dari analisis dan pembahasan yang telah dijelasakan pada pekerjaan pembangunan drainase lingkungan kota Surabaya kelurahan Dukuh Kupang, Berdasarkan hasil analisis Rencana Anggaran Biaya untuk Metode Pracetak U-Ditch sebesar Rp. 2,910,814,349 (Dua Milyar sembilan ratus sepuluh juta delapan ratus empat belas ribu tiga ratus empat puluh sembilan rupiah). 

Keywords: Drainase, Beton Pracetak.


Full Text:

PDF

References


Lampiran Peraturan Meteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Nomor : 28/PRT/M/2016 Tentang Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 12/PRT/M/2014 Tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan.

Suputra, I.G.A. 2016, Analisis Harga Satuan Pekerjaan Saluran Drainase Menggunakan Beton Precast U Ditch Dan Buis Beton Universitas Udayana Gianyar

Suripin. 2004. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Penerbit ANDI. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.