Rancang Bangun Sistem Bimbingan Belajar Online Menggunakan V-Model

Daniel Abraham Gloriawan Adhi Putra, Rachman Arief, Rayinda Aseti Prafianti

Abstract


Pendidikan merupakan fondasi utama yang sangat penting bagi individu dalam menghadapi kompleksitas masyarakat modern. Namun, pembelajaran di sekolah sering kali tidak cukup sehingga banyak orang tua memasukkan anaknya ke dalam program bimbingan belajar. Permasalahan yang muncul dalam aktivitas bimbingan belajar antara lain kendala geografis, jadwal yang tidak cocok, dan cuaca. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah merancang sistem bimbingan belajar secara online yang memungkinkan kegiatan bimbingan belajar dilakukan tanpa perlu tatap muka. Secara keseluruhan, urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan akan sistem bimbingan belajar online yang efisien, mudah diakses, dan mampu menjembatani komunikasi serta pemantauan antara guru, siswa, dan orang tua, sebagai solusi terhadap keterbatasan dari sistem konvensional.  Sistem ini diharapkan dapat menyelesaikan berbagai kendala yang dihadapi. Pengembangan sistem bimbingan belajar online menggunakan model V-Model, sebuah pendekatan pengembangan perangkat lunak yang menekankan pada validasi dan verifikasi setiap tahap pengembangan. Pengujian sistem dilakukan menggunakan metode black box dan hasilnya menunjukkan bahwa semua komponen berfungsi dengan baik. Selain itu, acceptance testing dilakukan menggunakan pendekatan ISO 9126 yang berfokus pada karakteristik fungsionalitas. Skor yang diperoleh adalah 76.7%, yang mengindikasikan bahwa fungsionalitas sistem bimbingan belajar online berada dalam kategori "Baik". Dengan demikian, sistem ini siap digunakan dan diharapkan dapat memberikan solusi efektif terhadap permasalahan bimbingan belajar konvensional.


Keywords


Bimbingan Belajar Online; V-Model; ISO 9126; Pembelajaran Jarak Jauh

Full Text:

PDF

References


A. Qomariyah, N. Fatimah, and T. Rochana, “MELANGGENGKAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM KAPITALISME PENDIDIKAN,” Solidar. J. Educ. Soc. Cult., vol. 6, no. 1, Art. no. 1, Jul. 2017, doi: 10.15294/solidarity.v6i1.15630.

R. A. Tampubolon, W. Sumarni, and U. Utomo, “Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, Art. no. 5, Aug. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1291.

Jayaun and D. Supriyadi, “Penerapan V-Model dalam pengembangan sistem penerimaan siswa baru Menggunakan PHP dan mySQL,” J. Transform. Mandalika E-ISSN 2745-5882 P-ISSN 2962-2956, vol. 3, no. 2, Art. no. 2, Sep. 2022, doi: 10.36312/jtm.v3i2.867.

M. Ruswiansari, A. F. Farozi, and S. R. Wardhana, “Pengembangan Sistem Pegawai (Simpeg) Berbasis Mobile Menggunakan Metode V-Model,” INTEGER J. Inf. Technol., vol. 9, no. 1, Apr. 2024, doi: 10.31284/j.integer.0.v9i1.5791.

M. B. E. C. Putro, A. A. Supianto, and D. Pramono, “Pengembangan Sistem Informasi Praktik Kerja Industri (Prakerin) Menggunakan V-Model Studi Kasus: SMKN 2 Malang,” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 6, pp. 5885–5894, Jul. 2019.

H. Mahmoud and R. Abozariba, “A systematic review on WebRTC for potential applications and challenges beyond audio video streaming,” Multimed. Tools Appl., vol. 84, no. 6, pp. 2909–2946, Feb. 2025, doi: 10.1007/s11042-024-20448-9.

DomaiNesia, “Black Box Testing: Metode Pengujian Perangkat Lunak.” Accessed: May 19, 2025. [Online]. Available: https://www.domainesia.com/berita/black-box-testing/

A. Triyanto, G. Prisilia, and Y. Saputra, “Implementing ISO 9126 in Quality Testing for Information Systems for Menu Ordering Using QR Codes in Panongkrongan Shop,” CoreID J., vol. 1, no. 1, pp. 42–48, Mar. 2023, doi: 10.60005/coreid.v1i1.7.

R. P. Ginting, H. Hidayatsyah, W. I. Nasution, S. Sudirman, and R. Radhiah, “Pelatihan Learning Management System (LMS) Ruangguru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Berbasis Blended Learning,” J. Solusi Masy. JSM, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Dec. 2023, doi: 10.29103/jsm.v1i2.15283.

J. Nafi’ah, “Adaptasi Pembelajaran E-Learning dan Blended Learning di Era New Normal pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah,” Auladuna J. Prodi Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 3, no. 1, pp. 23–36, May 2021, doi: 10.36835/au.v3i1.476.

L. S. A. Buana, “Efek Pembelajaran Online Pada Era New-Normal Pandemi Covid-19,” J. Studi Interdisip. Perspekt., vol. 21, no. 2, Art. no. 2, Feb. 2022.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.kernel.2025.v6i1.6867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rachman Arief, Daniel Abraham Gloriawan Adhi Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diindeks oleh:
SINTA 5 logo Google Scholar logo Dimensions Logo