Perancangan Manajemen Bandwidth Dan Block Access Website Berdasarkan User Di Mikrotik Pada Ananda Islamic School

yuli adi

Abstract


Perkembangan jaringan komputer saat ini sangatlah berpengaruh terhadap kehidupan manusia, khususnya di dunia kerja maupun pendidikan. Hampir semua kegiatan sekarang membutuhkan jaringan komputer. Jaringan komputer dapat membantu manusia untuk bekerja secara maksimal dan efisien. Ananda Islamic School menggunakan ISP (Internet Service Provider) dari ATS (Asia Teknologi Solusi) dengan bandwidth 20 Mbps dimana semua user, termasuk Bod dan Kepala Sekolah memiliki hak akses penggunaan bandwidth yang sama terhadap jaringan internet sehingga akan terjadi kepadatan saat semua pengguna dalam lembaga tersebut mengakses internet secara intens dalam waktu bersamaan. Selain masalah bandwidth, terdapat masalah lain pada jaringan lembaga ini, yaitu adanya user yang menggunakan internet tidak untuk mengakses kebutuhan pembelajaran di jam belajar. Masih banyak user yang menggunakan internet untuk mengakses situs–situs social media seperti facebook, twitter maupun lainnya. Dari berbagai masalah tersebut, maka diperlukan perancangan sistem jaringan serta pengaturan untuk bandwidth management, block access website user. Jaringan yang terbaru akan menggunakan Mikrotik RouterBoard untuk melakukan bandwidth management, pengaturan block access website user. Hasil yang di harapkan adalah jaringan yang memiliki bandwidth yang stabil dan pemblokiran website user tertentu di jam belajar demi tercapainya produktifitas dalam penggunaan internet.

Keywords


bandwidth, block access, mikrotik

Full Text:

PDF

References


D. Susianto, “Implementasi Queue Tree Untuk Manajemen Bandwidth Menggunakan Router Board Mikrotik,” J. Cendikia, vol. 12, pp. 1–7, 2016.

M. Husnaini, W. Bagye, and M. Ashari, “Implementasi Fitur Layer 7 Protocols Mikrotik Rb750 Di Smkn 1 Narmada,” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 2, p. 78, 2019, doi: 10.36595/jire.v2i1.94.

A. Nasir, “Perancangan Layer-7 Packet Filtering Pada Jaringan Komputer Universitas Atma Jaya Makassar,” J. Temat., vol. 6, pp. 93–100, 2018.

Muntahanah, Y. Darnita, and R. Toyib, “Paper Block Akses Browsing Menggunakan Mikrotik Rb 751U-2Hnd Dengan Schedule Time (Studi Kasus : Disnakerpora Kota Bengkulu),” Sistemasi, vol. Volume 7 N, pp. 64–77, 2018.

S. M. S. Qirom, “Rancang Bangun Jaringan Hotspot, Bandwidth Dan Blokir Website Berisi Konten Negatif Untuk Meningkatkan Layanan Pembelajaran Di Sd Negeri Bangun Galih 1,” J. Power Elektron. J. Orang Elektro, vol. 6, p. 5, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/powerelektro/article/view/1188.

R. Primartha, Manajemen Jaringan Komputer Teori dan Praktik. informatika Bandung, 2019.

C. A. Pamungkas, “Manajemen bandwith menggunakan mikrotik routerboard di politeknik indonusa surakarta,” Inf. Politek. Indonusa Surakarta, vol. 1, pp. 3–8, 2016.

M. Purwahid, J. Triloka, and S. M. K. N. Sukadana, “Analisis Quality of Service ( QOS ) Jaringan Internet Untuk Mendukung Rencana Strategis Infrastruktur Jaringan Komputer Di SMK N I Sukadana,” vol. 02, pp. 100–109, 2019.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.kernel.2020.v1i2.1196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 yuli adi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diindeks oleh:
Google Scholar logo Dimensions Logo