Algoritma SVM untuk Memprediksi Pengunjung Wisata Musium di Jakarta

Nur Nafi'iyah

Abstract


Berbagai macam tempat wisata yang ada di Jakarta menjadi tujuan berlibur atau bermain, mulai dari wisata alam, mall, bioskop, taman hiburan, atau musium. Setiap individu mempunyai aktivitas dan rutinitas bermacam-macam, sehingga membutuhkan hiburan dan waktu untuk melepaskan kejenuhan. Dari website data.jakarta.go.id didapatkan dataset kunjungan wisata musium baik dari wisatawan Indonesia maupun luar Indonesia. Dari dataset tersebut dapat dimanfaatkan untuk diolah dan digali informasinya. Menggali dan mengolah dataset adalah suatu kegiatan data mining, yaitu menerapkan suatu algoritma untuk menggali pengetahuan. Algoritma SVM digunakan untuk memprediksi kunjungan wisata musium di Jakarta, di mana terdapat variabel tempat destinasi, bulan, jenis pengunjung dan jumlah pengunjung. Tempat destinasi ada 10 jenis wisata, dan jenis pengunjung ada 2, yaitu wisatawan dalam negeri dan luar negeri. Di mana hasil prediksi dari SVM pada data 222 baris pengunjung wisata musium di Jakarta jelek. Dibuktikan dari nilai selisih data nyata dengan hasil prediksi sangat tinggi, dan nilai errornya sangat tinggi 2838303,5.

Keywords


Predictions, Museum Tour Visitors, SVM

Full Text:

PDF

References


M. F. NAUFAL, "PERAMALAN JUMLAH WISATAWAN MANCANEGARA YANG DATANG KE INDONESIA BERDASARKAN PINTU MASUK MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)," Departemen Sistem Informasi ITS, Surabaya, 2017.

S. Molydah, "ANALISIS PERBANDINGAN IMPLEMENTASI SARIMA DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) DALAM PREDIKSI JUMLAH WISATAWAN MANCANEGARA," Statistik UII, Yogyakarta, 2018.

B. Render, R. M. Stair and M. E. Hanna, Quantitative Analysis for Management, New Jersey: Pearson University of Houston, 2012.

I. M. Tirta, Pengantar Metode Simulasi Statistika dengan Aplikasi R dan S+, Jember: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember, 2004.

R. Burbidge and B. Buxton, An Introduction to Support Vector Machines for Data Mining, Computer Science UK.

E. Prasetyo, Data Mining Konsep dan Aplikasi Menggunakan Matlab, Yogyakarta: Andi, 2012.

A. Hermawan, Jaringan Saraf Tiruan Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Andi, 2006.

S. Susanto and D. Suryadi, Pengantar Data Mining Menggali Pengetahuan dari Bongkahan Data, Yogyakarta: Andi, 2010.

A. Darmawan, N. Kustian and W. Rahayu, "Implementasi Data Mining Menggunakan Model SVM untuk Prediksi Kepuasan Pengunjung Taman Tabebuya," STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), vol. 2, no. 3, pp. 299-307, 2018.

I. Gunawan, "Penerapan Algoritma Support Vector Machine (SVM) untuk Memprediksi Tingkat Kunjungan Wisatawan Asing," SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro-Fakultas Teknik UM, Malang, 2019.

B. Santosa, Data Mining Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.kernel.2020.v1i1.1156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nur Nafi'iyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diindeks oleh:
Google Scholar logo Dimensions Logo