Analisis Risiko Pembangunan dengan Metode Analytical Hierarchy Process pada GOR Anoraga Rangga Jaya Tuban

Niken Aprilia Violeta, Achmad Chusnun Niam, Fahmi Firdaus Alrizal

Abstract

Risiko yang terlibat dalam pembangunan gedung tidak bisa dihapuskan sepenuhnya, tetapi dapat dikelola dengan mengurangi atau mengalihkan risiko tersebut antara pihak yang terlibat. Semakin kompleks proyeknya, semakin tinggi tingkat risiko yang terkait dengannya. Proyek konstruksi seperti pembangunan GOR, yang selalu dihadapkan pada beragam risiko yang dapat mengganggu jalannya pekerjaan dan mengancam hasil keseluruhan proyek.Untuk mengatasi potensi risiko ini, analisis prioritas risiko menjadi suatu kebutuhan. Salah satu metode yang digunakan adalah Analytical Hierarchy Process (AHP), yang membantu mengidentifikasi variabel dan indikator risiko yang memiliki tingkat kepentingan tertinggi. Dalam analisis AHP yang mencakup 7 variabel dan 24 indikator, terdapat tiga variabel yang memiliki prioritas tertinggi dan memerlukan tindakan segera, yaitu variabel terkait dengan desain, manajemen, dan Perencanaan. Untuk mengatasi potensi masalah serius ini, pemilihan tim proyek yang memiliki pengalaman menjadi sangat penting. Selain itu, keterlibatan aktif dari pemilik proyek juga merupakan faktor yang esensial untuk memastikan pemahaman yang tepat mengenai tujuan dan harapan proyek, sehingga risiko dapat dikurangi dan jalannya proyek dapat berjalan dengan baik.

Keywords

Proyek Konstruksi, Pembangunan GOR, Analytical Hierarchy Process

Full Text:

PDF

References

Safitri T.A. (2023), Pengertian dan Konsep Dasar Manajemen Risiko.

Efrizon, Z., & Yulius, M. (2014). Kajian Manajemen Risiko Dengan Menggunakan Metoda Risk Breakdown Structure Dan Analythical Hierarchy Process (Studi Kasus Proyek Pembangunan Jalan Manggopoh-Padang Sawah Simpang Empat. Tesis Teknik Manajemen Konstruksi Universitas Bung Hatta.Padang.

Putri, M.N., Zaidir., Hasan, A. (2015). Analisis Manajemen Risiko Proyek Pembangunan Rumah Sakit Universitas Andalas. Prosiding 2nd Andalas Civil Engineering National Conference.

Aningrum, B.S. (2014). Identifikasi dan Analisis Risiko Dalam Masa Pemeliharaan Proyek Pada Proyek Konstruksi di Kota Surakarta. Skripsi: Universitas Negeri Semarang

Dimyati & Nurjaman. (2014) . Manajemen Proyek. Bandung: Pustaka Setia

Firdaus, A., Yuamita, F (2022). Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja Pada Proses Grading Tbs Kelapa Sawit PT. Sawindo Kencana Menggunakan Metode Job Safety Analysis (JSA). TMIT, vol. 1, no. 3, pp. 155–162. https://doi.org/10.55826/tmit.v1iIII.40

Intan, S., Sapulette, W., Soukotta, R.C (2020). Analisa Keterlambatan Waktu Pelaksanaan Proyek Konstruksi Di Kota Ambon : Klasifikasi Dan Peringkat Dari Penyebab-Penyebabnya. Jurnal Manumata Vol 6, N0 1

International Organization for Standardization (ISO). ISO 13000:20018—Risk Management: Principles and Guidelines. Geneva, 20018..

Lokobal, A. (2014) Manajemen Risiko Pada Perusahaan Jasa Pelaksana Konstruksi Di Propinsi Papua (Study Kasus di Kabupaten Sarmi). Jurnal Ilmiah Media Engineering Vol.4 No.2, September 2014 (109-118). ISSN: 2087-9334.

Magdalena, R.., Vannie, V. (2019). Analisis risiko supply chain dengan model House of Risk (HOR) pada Tatalogam Lestari. J@ ti Undip: Jurnal Teknik Industri, Vol.14 No.2, hal 53-62.

Monaliza, I (2021). Analisis Risiko Proyek Dengan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) (Studi: Proyek Perpustakaan Modern Lampung Pada Tahap Lanjutan). Jurnal Aplikasi Teknik Sipil (JATS), Vol.19 No.1. Hal. 21-26.

PMBOK Guide. (2016). A Guide To The Project Management Body Of Knowledge. Project Management Institute.

Supriadi, A., Rustandi, A., Komarlina, D.H.L., Ardiani, G. (2018) Analytical Hierarchy Process (AHP) Teknik Penentuan Strategi Daya Saing Kerajinan Bordir. Yogyakarta: Deepublish.

Susanto, N., Deshtyan, E.A. (2017). Analisis Manajemen Risiko Aktivitas Pengadaan pada Percetakan Kabar. Jurnal Metris Vol.18 No.1 Hal. 113–118.

Wena, M. (2015) Manajemen risiko dalam proyek konstruksi, Jurnal Bangunan, Vol. 20, No.1 hal 1-12.

Wiwoho, G. (2020) Analisa Tingkat Risiko Kecelakaan Kerja Pada Proyek Konstruksi Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Studi kasus : Analisis Tingkat Resiko Kecelakaan Kerja Pada Proyek Konstruksi. Jurnal Gelagar, Vol.2 No.2, Hal. 252-257.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.