Analisis Kinerja Pada Simpang Bersinyal Jalan Buncit Raya -Warung Jati Barat Kota Jakarta Selatan Menggunakan PKJI 2014

Muhammad Yuga Erlangga, Adita Utami, Syifa Nurhaliza Rahmatunisa

Abstract

DKI Jakarta merupakan Ibu Kota Negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak. Dengan terus bertambahnya jumlah penduduk, akan semakin tinggi kebutuhan transportasi. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya peningkatan volume kendaraan bermotor yang memadati jalan raya. Salah satu ruas jalan yang dipadati kendaraan bermotor terdapat pada Simpang Jalan Buncit Raya – Jalan Warung Jati Barat karena sering terjadi tundaan kendaraan pada jam sibuk. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kinerja simpang dan merancang solusi alternatif untuk mengatasi masalah persimpangan hingga 5 tahun mendatang. Penelitian ini diawali dengan melakukan survey lapangan serta melakukan perhitungan kinerja simpang berdasarkan PKJI 2014. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat pelayanan simpang termasuk level D, yang berarti arus lalu lintas tidak stabil dan menyebabkan kemacetan. Ditandai dengan nilai rata – rata tundaan sebesar 38,407 detik/skr dan nilai derajat kejenuhan (DS) pada Jalan Buncit Raya sebesar 0,856. Setelah dilakukan analisis peningkatan kinerja simpang dengan adanya perencanaan underpass, nilai DS menjadi 0,604. Volume lalu lintas sebelum dan sesudah adanya perencanaan underpass 5 tahun mendatang pada Jalan Buncit Raya nilai DS masing – masing adalah 0,907 dan 0,752. Hal tersebut menunjukkan bahwa solusi alternatif untuk mengatasi masalah pada simpang tersebut dengan melakukan perencanaan underpass dengan potensi penurunan derajat kejenuhan sebesar 17,1%, nilai DS masih dibawah 0,85.

Keywords

Derajat kejenuhan; Jam sibuk; Kinerja simpang; Tingkat pelayanan; Tundaan;

Full Text:

PDF

References

H. Widyastuti et al., “Railway Infrastructure to Support Inter-modal Transportation from Port to Hinterland (Case Study-Manyar Port),” Procedia Soc Behav Sci, vol. 227, pp. 181–185, Jul. 2016, doi: 10.1016/j.sbspro.2016.06.060.

K. M. Kasikoen1 et al., “EVALUASI KONDISI TRANSPORTASI SEBAGAI PENDUKUNG KEGIATAN EKONOMI DI KABUPATEN MANOKWARI,” 2014.

A. Utami and A. Yayat Nurhidayat, “Congestion Cost Analysis and Potential Loss of Private Vehicle on Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta,” Majalah Ilmiah Pengkajian Industri (Journal of Industrial Research and Innovation, vol. 16, no. 3, pp. 121–128, 2022.

D. Masrul and A. Utami, “Analisis Pengaruh On-Street Parking terhadap Kinerja Jalan di Pasar Jaya Ciracas, Jakarta Timur”.

N. Herbowo, “STUDI PERSEPSI PENGGUNA TRANSJAKARTA PADA KORIDOR II (PULOGADUNG-HARMONI),” 2012.

D. Aditya and A. Utami, “ANALISIS MANAJEMEN LALU LINTAS KINERJA SIMPANG BERSINYAL BERDASARKAN PKJI 2014 (STUDI KASUS JL. CIPUTAT RAYA, PONDON PINANG),” vol. 8, no. 1, pp. 22–29, Jun. 2024, Accessed: Jul. 16, 2024. [Online]. Available: https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Teknik_Sipil/issue/view/141

A. Utami, D. W. Kurnia, and R. Natio, “Analisis Perbandingan Waktu Perjalanan dan Biaya antara Kendaraan Pribadi dan Transjakarta menggunakan Metode PCI (Studi Kasus : TJ Koridor IX Pinang Ranti-Pluit) Comparative Analysis of Travel Time and Cost between Private Vehicles and Transjakarta using the PCI method (Case Study: TJ Corridor IX Pinang Ranti-Pluit),” vol. 6, no. 2, p. 150, 2021, doi: 10.33366/rekabua.

Rw. P. Adri, N. Herlina, and A. Kurnia Hidayat, “ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS SIMPANG MITRA BATIK KOTA TASIKMALAYA).”

G. Sumarda and P. Sudarma, “ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DAN PERHITUNGAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN PADA RUAS SIMPANG BENOA SQUARE-SIMPANG TUGU NGURAH RAI,” 2018.

S. Hadi Prasetyo, E. Darma, and A. Hasan, “KINERJA SIMPANG BERSINYAL PADA JALAN CUT MEUTIA-JALAN SILIWANGI-JALAN R. A. KARTINI KOTA BEKASI,” 2014.

S. Direktorat Jenderal Bina Marga, P. Direktur di Direktorat Jenderal Bina Marga, P. Kepala Balai Besar, B. Pelaksanaan Jalan Nasional di Direktorat Jenderal Bina Marga, and P. Kepala Satuan Kerja di Direktorat Jenderal Bina Marga, “D I R E K T O R A T J E N D E R A L B I N A M A R G A.”

Refbacks

  • There are currently no refbacks.