Evaluasi Geometrik Pada Ruas Jalan Prenduan - Bataal (Studi Kasus Desa Brumbung Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep)

Cindy Salsabila, Anita Intan Nura Diana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi geometrik pada jalan Prenduan-Bataal Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Berdasarkan permasalahan yang adadi sana salah satu persyaratan jalan agar melayani pengguna jalan. Evaluasi Geometrik Pada Jalan Prenduan-Bataal Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, terdapat tanjakan dan tikungan sehingga dapat mengakibatkan kecelakaan pagi pengguna jalan. Oleh karena itu perlu adanya pengecekan ulang terhadap geometri pada jalan raya yang meliputi aspek perencanaan alinyemen horizontal dan vertikal pada ruas jalan yang sesuai dengan aturanyang berlaku. Penyusunan skripsi ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperlukan adalah survey lokasi, dan gambar sedangkan untuk data sekunder yaitu menggunakan buku literatul dan jurmal. Tata Cara Penggunaan Geometri Jalan Antar Kota Tahun 1997 (TPGJAK). jalan Desa Brumbung merupakan jalan lokal kondisi medan datar, memuliki kecepatan ratarata 36km/jam, memiliki jari-jari lingkaran (Rc) 75,711, memiliki jarak antar tikungan minimal 30m. STA 0+350 dan STA 0+550 ini belum dipenuhi.

Keywords

Evaluasi Geometrik, Ruas Jalan, Desa Brumbun

Full Text:

PDF

References

Ditjen Bina Marga. 1997. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Direktorat Jendral Bina Marga. Jakarta.

Widika Rahmawan. 2018. Evaluasi Geometrik dan Usulan Redesain Geometrik Jalan Wonosari–Pracimantoro. Tugas Akhir. (Tidak Diterbitkan). Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Ade, Irma. 2020. Evaluasi Geometrik Jalan Pada Lengkung Horizontal (Tikungan) Dengan Metode Bina Marga. Tugas Akhir. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Suwardo, Haryanto. 2016. Perancangan Geometrik Jalan. Yogyakarta: Penerbit Gadjah Mada University Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.