Pengaruh Rambu Belok Kiri Ikuti Isyarat Lampu Dan Belok Kiri Langsung (Studi Kasus Simpang Jl. Trunojoyo - Jl. Dipenogoro - Jl.Dr.Cipto Kabupaten Sumenep)

Dimaz firmansyah, Anita Intan Nura Diana

Abstract

Berkaitan dengan keselamatan dan kelancaran lalu lintas, banyak kondisi dimana pengguna jalan tidak mampu menjaga keduanya ketika menggunakan jalan bahkan pengaturan lalu lintas pun terkadang tidak mewakili untuk menjaga dua kondisi tersebut secara bersamaan. Banyak sekali ditemukan permasalahan yang berkaitan dengan pelanggaran hukum mulai dari yang ringan hingga berat. Beberpa contohnya adalah ketentuan belok kiri ikuti isyarat lampu dan belok kiri langsung. Ada tiga rambu lalu lintas di Kabupaten Sumenep dimana rambu lalu lintas tersebut masih belum begitu berfungsi asal dimana masih ada pelanggar di tiga titik tersebut yang mengakibatkan kemacetan dan kontrofersi antar pengguna jalan.Tujuan dari penelitan ini merupakan untuk mengetahui pengaruh rambu belok kiri ikuti syarat langsung dan belok kiri langsung pada persimpangan jalan. Rancangan penelitian ini mengacu pada identifikasi masalah, rumusan masalah yang tertera pada BAB 1. penelitian ini mengacu pada kinerja simpang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini termasuk jenis data primer yang dikumpulkan melalui survei, dan data sekunder yang dikumpulkan melalui literatur, MKJI dan pendukung lainnya. Berdasarkan rencana penelitian, analisis data akan dilakukan secara kuantitatif dimana data penelitian yang dikumpulkan akan di analisis untuk mencari pengaruh rambu belok kiri ikuti syarat langsung dan belok kiri langsung pada persimpangan jalan.

 

 

Keywords

Volume kendaraan, Rasio kendaraan, Percepatan kendaraan kendaraan, Arus terganggu dan tidak terganggu.

Full Text:

PDF

References

Alamsyah, A. A. (2005) Rekayasa Lalu Lintas Edisi Revisi, UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.

Arsum Rheza Djaya Saputra, Irwan Lakawa, La Ode Musa Rachmat. “Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Pada Simpang PLN Di Wua-Wua Kota Kendari”. Sultra Civil Engineering Journal (SCiEJ), 1(2), Oktober 2020, 72-88.

Dinata, W.A., Tentanng analisis kinerja pada simpang tiga pada jalan komyossudarso - jalan umutlaib kota pontianak. Jurnal mahasisiwa teknik sipil Universitas tanjung pura.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997. “Manual Kapasitas Jalan Indonesia”. Departemen Pekerjaan Umum.

Rikki Sofyan Rizal, Eko Wiyono, Rangga Danisworo. “ANALISIS KINERJA SIMPANG APILL BERDASARKAN PKJI 2014 DIBANDINGKAN SOFTWARE PTV VISTRO”. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 8(2), April 2022, 355-362.

Undang-undang Nomor 22 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. (2009). Jakarta: www.ditjenpum.go.id/hukum/2009/uu/UU_22_Tahun_2009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.