EVALUASI DESAIN TEBAL LAPIS PERKERASAN DITINJAU DARI DAYA DUKUNG SUBGRADE

Mutia Lisya, Nuryasin Abdillah, Dhiana Dwi W

Abstract

Jalan raya merupakan bagian dari prasarana yang dapat mempercepat pertumbuhan dan perkembangan suatu daerah serta dapat menunjang hubungan ekonomi, sosial dan budaya antar daerah. Perkerasan jalan merupakan salah satu unsur penting dalam pembangunan jalan dalam rangka kelancaran transportasi. Salah satu faktor terpenting dalam menentukan ketebalan lapisan paving adalah tanah dasar. Perencanaan tebal lapis perkerasan dilakukan dengan menggunakan MDPJ 2017. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil perkerasan lentur AC-WC tebal 40 mm, AC-BC 60 mm, dan LPA kelas A 400 mm. Perencanaan perkerasan kaku menggunakan jenis perkerasan beton semen dengan perkuatan. Struktur perkerasan beton direncanakan menggunakan ketebalan 175 mm, dan untuk pondasi bawah menggunakan lapis pondasi agregat kelas A dengan ketebalan 125 mm.

Keywords

Perkerasan Lentur, Perkerasan Kaku, AC-WC

Full Text:

PDF

References

T. Mulyono, A. Saefudin, A. Purnomo, dan I. Widiasanti, “Sifat mekanis beton normal untuk perkerasan jalan lokal dengan substitusi sampah plastik sebagai agregat saja,”Konferensi TIO Ser. Mater. Sains. Eng., vol. 1098, tidak. 2, 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1098/2/022039.

F. Gerardo, BS Subagio, J. Jihanny, dan GT Andari, “Analisis perbandingan tebal lapis tambah dengan metode AASHTO 1993 dan program everseries,” dalamSeri Konferensi IOP: Ilmu dan Teknik Material, 2019, vol. 508, tidak. 1, doi: 10.1088/1757-899X/508/1/012070.

AK Singh dan JP Sahoo, "Model prediksi rutting untuk struktur perkerasan fleksibel: Tinjauan sejarah dan perkembangan terkini,"J. Transportasi Lalu Lintas. Eng. (Bahasa Inggris Ed., vol. 8, tidak. 3, hlm. 315–338, 2021, doi: 10.1016/j.jtte.2021.04.003.

P. Deep, MB Andersen, S. Rasmussen, N. Thom, A. Marradi, dan D. Lo Presti, “Evaluasi transfer beban pada perkerasan kaku dengan Rolling wheel deflectometer dan Falling weight deflectometer,”Trans. Res. Proses, vol. 45, tidak. 2019, hlm. 376–383, 2020, doi: 10.1016/j.trpro.2020.03.029.

OF Hamim, “STUDI KOMPARATIF KONSTRUKSI PERALATAN KAKU DAN FLEKSIBEL DI BANGLADESH,” 2017.

AY Isnaini, LB Suparma, dan SHT Utomo, “PERANCANGAN PAVING JALAN RING DI KABUPATEN WONOGIRI,”J.HPJI, vol. 5, tidak. 2, 2019, doi: 10.26593/jh.v5i2.3372.119-128.

E. Gardjito, S. Winarto, F. Rahmawaty, dan F. Romadhon, “Analisis Perhitungan Tebal Perkerasan Tegak Pada Jalan Guyangan – Simpang Empat Candi,” vol. 6, tidak. 1, hlm. 55–70, 2021.

A. Rahmawati, E. Adly, I. Lutfiyanto, dan M. A Syifa, “Efek Overloading pada Umur Rencana Jalan dan Ketebalan Lapis Perkerasan,” dalamSeri Konferensi IOP: Ilmu dan Teknik Material, 2019, vol. 650, tidak. 1, doi: 10.1088/1757-899X/650/1/012051.

Sukirman. S, 2010, Perencanaan Ketebalan Struktur Perkerasan Lentur. Bandung: Nov.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Ditjen Bina Marga, 2017, Manual Perkerasan Jalan, Jakarta

Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum Tahun 2010. Peraturan Menteri tersebut menerapkan Pedoman Cara Uji Californian Bearing Ratio (CBR) dengan Dynamic Cone Penetrometer (DCP). Kementerian Pekerjaan Umum. Jakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.