Analisis Tingkat Pelayanan Jalur Pedestrian di Jalan Kranggan Kota Surabaya

Ela Puspita Sari, Theresia Maria Chandra Agusdini

Abstract


Surabaya merupakan salah satu kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Dengan jumlah penduduk yang sangat padat, maka jalur pedestrian di Kota Surabaya juga menjadi sangat ramai, terutama dijalan yang dekat dengan kawasan pusat aktivitas pertokoan dan perbelanjaan. Salah satunya dikawasan jalan Kranggan yang terletak dipusat Kota Surabaya. Kawasan ini telah mengakibatkan pergerakan manusia yang cukup padat, sehingga seringkali menunjukkan gejala konflik antar pejalan kaki. Oleh karena itu analisa tingkat pelayanan jalur pedestrian penting dilakukan guna menunjang kenyamanan pejalan kaki. Penelitian ini menggunakan metode Survei traffic counting dengan melakukan penelitian langsung di lokasi survei. Adapun masalah yang diteliti yaitu kesesuaian trotoar terhadap standar teknis, tingkat pelayanan trotoar terhadap volume kecepatan, kepadatan, dan pejalan kaki di daerah tersebut, serta hubungan antara variabel kecepatan, kepadatan, arus, dan ruang gerak pejalan kaki. Dari hasil penelitian dan analisa di lokasi pengamatan yang dilakukan pada hari Senin sampai dengan hari minggu maka diperoleh volume pejalan kaki terbesar di sisi utara tepatnya di titik Toko Bata - Indomaret sebesar 67ped/15mnt dan di sisi selatan terbesar di titik BG Junction - Burhani sebesar 54 ped/15mnt. Dari hasil analisa survei didapatkan bahwa lebar trotoar kurang 0,70 m, tingkat pelayanan (Level of service) bernilai E dan hubungan antar variabel saling keterkaitan. Sehingga dapat disimpulan bahwa pedestrian perlu di perlebar.

Keywords


Jalur; Pedestrian; Tingkat pelayanan

Full Text:

PDF

References


Badan Standarisasi Nasional. 2004. Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI), Geometri Jalan Perkotaan

Departemen Pekerjaan Umum. 1995. Tentang Tata Cara Perencanaan Fasilitas Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan. 011/T/Bt/1995. Jakarta

Direktorat Jenderal Bina Marga. 1999. Pedoman Teknik, Pedoman Perencanaan Jalur Pejalan Kaki Jalan Umum. Jakarta: Penerbit PT. Mediatama Saptakarya

Dirjen Bina Marga. 1991. Pedoman Teknis Perencanaan Spesifikasi Trotoar. Jakarta

Hidayat. Nursyamsu. ([email protected]). 2 Desember 2016. Analisis Tingkat Pelayanan Fasilitas Pejalan kaki.

Khisty, Jotin C 2003. Dasar-dasar Rekayasa Transportasi Jilid 1. Yogyakarta: Penerbit Erlangga

Mantik, Vandia. Perencanaan Kebutuhan Pedestrian Pada Ruas Jalan Suprapto Kota Manado.Skripsi tidak diterbitkan. Manado: Universitas Sam Ratulangi Fakultas Teknik Jurusan Sipil Manado.

Manopo, Sweetly.Februari 2015. Analisa Tingkat Pelayanan Trotoar Ditinjau dari Laju Arus Ruas Jalan Sam Ratulangi Manado Untuk Segmen ruas Jalan RS Siloam – Monumen Zero Point Kota Manado. Jurnal Sipil Statik Vol. 3 N0.2: 99-108

Prasetyaningsih. Indah. 2010. Analisis Karakteristik dan Tingkat Pelayanan Fasilitas Pejalan Kaki Dikawasan Pasar Malam Ngarsopuro Surakarta. Skripsi. Tidak diterbitkan. Surakarta: Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Putra, Muhajirin.2012. Analisis Karakteristik dan Aktivitas Pedestrian (Studi Kasus). Departemen Teknik Sipil, Universitas Sumatera Utara.

Sari, Meyta.2015. Analisis Tingkat Pelayanan Pedestrian dan Perparkiran kawasan Pasar Pembangunan Kota Pangkalpinang. Vol 3 Nomor 1

Setiawan, Rudi.2012. Usulan Standart dan Evaluasi Tingkat Pelayanan Selasar di Maspion Square Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Kristen Petra Surabaya.

Wigananda. Muhlas. September 2012. Analisis Kinerja Jalur Pedestrian di Kota Surabaya (studi Kasus: Jl. Pemuda). Jurnal Teknik ITS, Vol. 1, ISSN: 2301 - 9271


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ela Puspita Sari, Theresia Maria Chandra Agusdini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.