Sistem Informasi Kas Masjid Sebagai Pengaman serta Mempermudah dalam Dokumentasi Aliran Dana

Muhammad Rifqy Fakhrul Hadi, Hadi Saputro

Abstract

Pendataan kas masjid adalah proses penyajian informasi yang mencatat dan merangkum atas transaksi kas yang dikelola masjid. Masjid An-nur yaitu salah satu masjid yang mempunyai rangkuman/catatan atas transaksi kas yaitu baik kas masuk ataupun kas keluar. Di masjid Istiqomah sering terjadi hilangnya data yang terdapat dalam rangkuman atau buku catatan. Berdasarkan pada masalah tersebut maka perlu adanya penelitian ini yang mampu mempermudah dalam pencatatan ataupun pelaporan data kas masjid. Dalam penelitian ini dilakukanlah perancangan aplikasi kas masjid menggunakan metode prototype. Pada metode ini dilakukan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tinjauan pustaka. Adapun dalam mebuat desain sistem yang akan dibangun menggunakan UML meliputi Use Case, Class Diagram, dan Activity Diagram. Berdasarkan pada hasil penerapan dari aplikasi kas masjid tersebut bahwa aplikasi kas masjid ini dapat berjalan dengan baik, dan dapat mendokumentasikan setiap transaksi kas serta dapat menampilkan laporan dengan baik.

Keywords

Pendataan kas masjid; metode prototype; UML

Full Text:

PDF

References

Munandar, G. A. and Amarudin, A. (2017) ‘Rancang Bangun Aplikasi Kepegawaian Pegawai Negeri Sipil Dan Pegawai Honorer pada Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten’, Jurnal Teknoinfo, 11(2), pp. 54– 58.

Amarudin, A. and Silviana, S. (2018) ‘Sistem Informasi Pemasangan Listrik Baru Berbasis Web Pada PT Chaputra Buana Madani Bandar Jaya Lampung Tengah’, Jurnal Tekno Kompak, 12(1), pp. 10–14.

Ahdan, S., Latih, H. S. and Ramadona, S. (2018) ‘Aplikasi Mobile Simulasi Perhitungan Kredit Pembelian Sepeda Motor pada PT Tunas Motor Pratama’, Jurnal Tekno Kompak, 12(1), pp. 29–33.

Raymond, G. (2007) Prototype. Jakarta.

Andri, K. (20017) Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Chonoles, M. J. and Schardt, J. A. (2013) UML 2 for Dummies. Wiley Publishing, Inc. New York.

Yakup (2012) Pengantar Sistem Informasi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.