Analisis Implementasi Manfaat Sistem Informasi Manajemen pada Laboratorium Griya Derma UIN Sunan Ampel Surabaya

Achmad Fauzi Saputra, Regita Della Rufanda

Abstract


Laboratorium Griya Derma UINSA merupakan laboratorium ZISWAF (Zakat, Infaq, Sedekah, dan Wakaf) yang bertujuan mengajak mahasiswa dan para dosen agar sadar zakat, menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, pelatihan, dan pengolahan ZISWAF, melakukan riset dan konsultasi dalam bidang ZISWAF, mengelolah ZISWAF dengan amanah, jujur, transparan, akuntabel dan profesional untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan menjalin kerjasama dengan mitra strategis yang terkait. Laboratorium ini dalam pengelolaannya menerima donasi dari yang terkcil sampai yang terbesar. Hal ini dilakukan agar mahasiswa yang ingin belajar tentang hukum wajibnya membayar zakat sehingga tidak terlalu menjadi beban sebagai muzakki (orang yang dikenai kewajiban membayar zakat atas kepemilikan harta yang telah mencapai nishab dan haul). Dengan adanya sistem informasi manajemen ini donatur yang ingin berdonasi pada Griya Derma bisa melalui transfer, serta pencatatannya bisa langsung melalui sistem yang sudah terkomputerisasi. Hal ini dilakukan agar data yang ada bisa terkonsep dan tersimpan secara rapi.

Keywords


Sistem informasi manajemen; Pengelolaan ZISWAF

Full Text:

PDF

References


Bernandes. Daniel, Honggo. Henky, Dewi, Sistem Informasi Manajemen Pada PT. Bintang Selatan Agung.

Dewi. Renny Sari, Ali. A. Holil Noor, dan Asturti. Hanim Maria, (2012), Analisis Pengaruh Kualitas Informasi pada Kuesioner Indeks Pengajaran Dosen Online terhadap Kepuasan Pengguna Studi Kasus: Fakultas Teknologi Informasi ITS. Jurnal Teknik ITS Vol. 1, No. 1.

Fadzila. Apriliana Muzumrotul, Amrozi. Yusuf, Anikhah. Emmi Putri Puji Nur, (2019), Analisis Implementasi Manfaat Sistem Informasi Manajemen Pada Rumah Sakit XYZ.

Harsono. Alexander, (2015), Analisis Implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (SIM-RSUD) Terintegrasi Di Provinsi Kalimantan Barat. EKSPLORA INFORMATIKA Vol. 5, No. 1, September 2015. Ole. Halens Ryanlie, Analisis Implementasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Terhadap Kualitas Laporan Keuangan SKPD (Studi Kasus Pada Dinas PPKAD Kabupaten Minahasa Tenggara).

Puspitasari. Dian, (2017), Sistem Informasi Manajemen Pasar Tradisional Online (Studi Kasus: Pasar Kuwu, Grobogan). Naskah Publikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 15 April 2017.

Setyawan. Dedy, (2016), Analisis Implementasi Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Pada RSUD Kardinah Tegal. Indonesian Jurnal on Computer and Information Technology. 2016; 1(2): 57-60.

Suyitno, (2017), Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dan Kompetensi Pegawai Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai. Journal of Business Administration Vol 1, No 2, September 2017, hlm. 124-133. e-ISSN:2548-9909.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Achmad Fauzi Saputra, Regita Della Rufanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.