Pengendalian Kejadian Risiko Kecelakaan Kerja dengan Pendekatan Fault Tree Analysis dan 5S

Dhea Fortuna, Evi Yuliawati

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah program yang melindungi pekerja, perusahaan, lingkungan dan masyarakat sekitar dari kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kecelakaan kerja dan pengendalian kejadian risiko dengan metode Fault Tree Analysis (FTA) dan 5S (seiri, seiton, seiso, seiketsu dan shitsuke) pada internal supply chain perusahaan yang beroperasi dengan sistem make to order. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan Focus Group Discussion pada middle management perusahaan dengan empat narasumber, serta observasi langsung pada objek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan penyebab paling dominan adalah warehouse yang kurang bersih, meletakkan barang sembarangan, kurang presisi meletakkan barang, lantai tidak rata. Pengendalian kejadian risiko dilakukan dengan menggunakan metode 5S seperti pelatihan mengenai cara penyimpanan barang, mengenali barang yang diperlukan, dan pembiasaan prosedur 5S untuk melaksanakan kewajiban

 

Keywords

kecelakaan kerja; risiko; supply chain

Full Text:

PDF

References

K. Ismara, Slamet, et all., "Buku Ajar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta” 2014.

E. Yuliawati and P. Putri, “Analisis Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Proses Produksi PT. Abadi Adimulia,” 1975.

F. O. R. Training, P. Only, and J. M. Hal, “OHSAS 18001 : 2007 Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja ­ Persyaratan Occupational Health And Safety Management Systems – Requirements,” pp. 1–19, 2007.

P. T. G. M. F. Aeroasia, “Analisis Defect Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA) Berdasarkan Data Ground Finding Sheet ( GFS ).”

A. Prayogo and I. N. Sutapa, “Upaya Peningkatan Kinerja Departemen Warehouse di PT . X,” Vol. 3, No. 2, pp. 241–246, 2015.

M. Qowim, N. A. Mahbubah, and M. Z. Fathoni, “Penerapan 5S Pada Divisi Gudang (Studi Kasus PT. Sumber Urip Sejati),” 2014.

M. Nur and O. Ariwibowo, “Analisis Kecelakaan Kerja dengan Menggunakan Metode FTA Dan 5S di PT . Jingga Perkasa Printing,” vol. 4, no. 1, pp. 55–63, 2018.

A. V. Prasmoro, M. Widyantoro, and Warningsih, “Analisis Penerapan Program Keselamatan Kerja Pad Lantai Poduksi dengan Metode Fault Tree Analysis (FTA) di PT. XYZ,” vol. 21, no. 2, pp. 75–82, 2021.

D. Fortuna and E. Yuliawati, “Pengendalian Kejadian Risiko Kecelakaan Kerja dengan Pendekatan Hazard Identification and Risk Assessment,” vol. 1, no. 2, pp. 77–84, 2022.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.