Penerapan Metode Saving Matrix untuk Meminimumkan Biaya Distribusi (Studi Kasus: Toko Oleh-Oleh Surabaya Honest)

Saindi Aksari, Maghrobi Suwignyo, Bayu Setia Nugraha, Sondik Armansyah, Evi Yuliawati

Abstract

Toko oleh-oleh Surabaya Honest merupakan usaha kecil menengah yang memproduksi berbagai jenis roti. Dalam mendistribusikan produknya, rute yang harus ditempuh dibagi menjadi 5 jalur pengiriman yaitu Sedati, Buncitan, Mangkurejo, Rungkut, dan Wadung Asri. Toko oleh-oleh Surabaya Honest masih mengalami kesulitan dalam menentukan rute distribusi roti dikarenakan jarak antara tempat produksi dengan outlet saling berjauhan dan sampai saat ini belum memiliki metode khusus dalam menentukan rute distribusi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan rute pengiriman yang akan ditempuh sehingga dapat meminimalkan biaya distribusi pada Toko oleh-oleh Surabaya Honest. Penentuan rute transportasi ini diselesaikan dengan metode Saving Matriks. Metode tersebut digunakan dalam menentukan rute pengiriman produk ke wilayah-wilayah outlet dengan cara menentukan rute pengiriman yang akan dilalui dan jumlah kapasitas kendaraan agar bisa memperoleh rute terpendek dan biaya distribusi yang minim. Perbandingan rute pengiriman produk Toko oleh-oleh Surabaya Honest dengan menggunakan metode saving matrix dan metode nearest neighbor menghasilkan rute yang efektif dan efisien dimana rute awal sebanyak 4 rute menjadi 2 rute baru. Dengan diterapkannya metode saving matrix menunjukkan penurunan jarak tempuh pengiriman yang semula 120,7 km menjadi 60,2 km, dengan demikian didapatkan penghematan jarak sebesar 60,5 km. Biaya total distribusi sebelum penerapan metode saving matrix yaitu sebesar Rp. 428.040 dan setelah penerapan metode saving matrix menjadi Rp. 213.370, sehingga perusahaan dapat menghemat Rp. 214.670 atau sebesar 50,15%.

Keywords

Biaya Distribusi; Kapasitas Kendaraan; Saving Matrix

Full Text:

PDF

References

M. A. Putri, R. Rosmayani, and R. Rosmita, “ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SALURAN DISTRIBUSI USAHA KECIL MENENGAH (UKM),” VALUTA, vol. 4, no. 2, Art. no. 2, Oct. 2018.

F. A. Atika, “Optimalisasi Fungsi Perumahan Yang Berkelanjutan Dalam Menunjang Pariwisata (Studi Kasus: Makam Sunan Giri, Desa Klangonan, Kebomas, Gresik),” Inst. Teknol. Sepuluh Nop., 2016.

S. L. Mahmud, N. Achmad, and R. Malango, “PENENTUAN RUTE PENDISTRIBUSIAN GAS LPG 3 KG MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIKS,” J. Ris. Dan Apl. Mat. JRAM, vol. 6, no. 1, Art. no. 1, Apr. 2022, doi: 10.26740/jram.v6n1.p40-62.

J. Jamaaluddin, “USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) MEMPUNYAI PERAN YANG STRATEGIS DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI NASIONAl,” USAHA KECIL DAN MENENGAH UKM Mempuny. PERAN YANG Strateg. DALAM Pembang. Ekon. Nas., 2021.

U. N. Azizah and T. I. Oesman, “Optimalisasi biaya distribusi produk PT. Madubaru dengan pendekatan metode saving matrix dan generalized assignment,” J. Rekavasi, vol. 3, no. 2, pp. 102–110, 2015.

A. Rangkuti, 7 Model Riset Operasi & Aplikasinya. Firstbox Media, 2019.

U. Cahyadi and J. A. Manaf, “Perbaikan Rute Distribusi Kerupuk Kulit yang Efisien dengan Metode Saving Matrix,” J. Kalibr., vol. 19, no. 1, pp. 31–42, 2021.

N. Novianti, A. N. Kamila, S. Febrianti, and M. Fauzi, “Penerapan Metode Saving Matrix Sebagai Program Pengurangan Biaya Distribusi di Perusahaan Kosmestik,” J. Taguchi J. Ilm. Tek. Dan Manaj. Ind., vol. 1, no. 1, pp. 23–34, 2021.

S. Suparjo, “Metode Saving Matrix Sebagai Alternatif Efisiensi Biaya Distribusi (Studi Empirik Pada Perusahaan Angkutan Kayu Gelondongan Di Jawa Tengah),” Media Ekon. Dan Manaj., vol. 32, no. 2, 2017.

D. S. Oetomo, R. F. Ramdhani, and A. P. Abdi, “Penentuan Rute Pengiriman Produk Dengan Meminimalkan Biaya Transportasi Menggunakan Metode Saving Matrik Dan Nearest Neighbour Di Pt. Aisyah Berkah Utama,” J. Sains Dan Teknol. J. Keilmuan Dan Apl. Teknol. Ind., vol. 22, no. 1, pp. 130–145, 2022.

A. K. Garside, “IMPLEMENTASI DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING DAN SAVING MATRIKS DALAM PENJADWALAN DAN PENENTUAN RUTE PENGIRIMAN,” in Prosiding SENTRA (Seminar Teknologi dan Rekayasa), 2019, pp. 1–10.

D. B. Paillin and F. M. Kaihatu, “Implementasi metode saving matrix dalam penentuan rute terbaik untuk meminimumkan biaya distribusi (UD. Roti Arsita),” Arika, vol. 12, no. 2, pp. 123–140, 2018.

A. N. Ikhsan, T. I. Oesman, and M. Yusuf, “Optimalisasi distribusi produk menggunakan daerah penghubung dan metode Saving Matrix,” J. Rekavasi, vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2013.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.