Aplikasi Pengamanan Dokumen PDF dengan Teknik Watermarking Menggunakan Metode Serpent Chiper

Chandra Himmawan Loekito, Tutuk Indriyani, Nanang Fakhrur Rozi

Abstract


Seiring perkembangan teknologi informasi dan komputer saat ini, informasi dalam bentuk dokumen digital dan media dapat tersebar dengan begitu cepat. Informasi dalam bentuk dokumen PDF memiliki sifat yang mudah dan rawan untuk diubah dan dimodifikasi. Keaslian informasi dalam bentuk dokumen PDF tidak lagi aman karena setiap orang dengan bebas dapat mengubah dan memodifikasinya untuk kemudian disebarkan kembali. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah aplikasi untuk menjaga dan mengamankan isi dokumen PDF menggunakan teknik watermarking dan algoritma Serpent Chiper. Peneliti menggabungkan teknik watermarking dan algoritma Serpent Chiper agar tingkat keamanannya lebih tinggi dan sulit dipecahkan. Teknik watermarking digunakan untuk menandai dan membuktikan kepemilikan dokumen (hakcipta). Sedangkan algoritma Serpent Chiper merupakan metode kriptografi yang digunakan untuk enkripsi dokumen PDF. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan algoritma tersebut pada aplikasi dapat mengamankan dokumen PDF yang diinputkan. Berdasarkan hasil pengujian responden menunjukkan dari total 30 orang 53,3% menyatakan penggunaan menu dan fitur aplikasi baik dan mudah digunakan, 23,3% menyatakan semua komponen didalam aplikasi dapat berfungsi dengan baik, 53,3% menyatakan bahwa aplikasi berperan baik dalam memenuhi kebutuhan informasi skripsi untuk pengguna, 43,3% menyatakan bahwa aplikasi cukup baik untuk menampung data yang diinputkan dalam jumlah banyak, dan 66,5% menyatakan bahwa aplikasi cukup layak diimplementasikan di lembaga atau institusi.

Keywords


PDF; Hak Cipta; Enkripsi; Watermarking; Serpent Chiper

Full Text:

PDF

References


Irfan. (2013). Prototipe Teknik Penyisipan Dokumen Citra Digital Menggunakan Watermarking dengan Metode DCT (Discreate Cosine Transform). Jakarta: Budi Luhur University.

Rita Rosmawati Sitanggang. (2017). Analisa Perlindungan Hak Cipta Pada Citra Digital Menggunakan Teknik Watermarking Dengan Metode Discreate Cosine Transform Dan Discreate Wavelet Transform. Medan: STMIK Budidarma.

Ary Hidayatullah. (2016). Pengenalan Kriptografi Dan Pemakaiannya Sehari-Hari. Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Setiaji, Bayu. (2015). Analisis dan Implementasi Algoritma Kriptografi Kunci Publik RSA dan LUC Untuk Penyandian Data. Yogyakarta: Setiaji, Bayu

Faqihuddin Al-Anshori. (2014). Implementasi Algoritma Kriptografi Kunci Publik ElGamal Untuk Proses Enkripsi Dan Dekripsi Guna Pengamanan File Data. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Mai Hossam Taher. (2014). Hardware Implementation Of The Serpent Block Chiper Using FPGA Technology. Egypt: Dept.Mansoura University.

Maskes, Three. (2013). Implementasi Algoritma Serpent Untuk Enkripsi dan Dekripsi Data File Pada Ponsel Berbasis Android. STMIK MDP: Nur Rachmat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Chandra Himmawan Loekito, Tutuk Indriyani, Nanang Fakhrur Rozi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.