Perkembangan Morfometri Daerah Limpah Banjir Pada Sub Wilayah Sungai Batang Ombilin Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat

Anugra Riwanto, Budhi Setiawan

Abstract


Berbagai faktor seperti fenomena geologi yang mencakup erosi dan sedimentasi, perubahan iklim, serta aktivitas manusia, memiliki potensi untuk mengakibatkan perubahan pada pola aliran sungai. Transformasi ini umumnya dapat diamati melalui perubahan dalam tampilan visual aliran sungai. Oleh karena itu, perubahan dalam dimensi morfometri sungai dapat berdampak pada karakteristik dari pola aliran sungai, terutama pada sungai yang memiliki pola meander. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi ciri-ciri meandering di dalam sub-wilayah Sungai Batang Ombilin yang terletak di sekitar Kabupaten Sijunjung. Perubahan morfometri diukur dengan membandingkan perbedaan dalam konfigurasi aliran sungai antara tahun 1996 dan 2020. Analisis perubahan morfometri dilakukan dengan memanfaatkan data pengindraan jauh, khususnya data Landsat. Parameter morfometri yang digunakan termasuk lebar sungai (W), panjang aliran sungai (S), panjang leher belokan (L), panjang sumbu (A), radius kelengkungan (R), dan sinuosity (C). Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam kurun waktu 1996 hingga 2020, terjadi perubahan morfometri di Sub-DAS Batang Ombilin. Wilayah penelitian ini mengandung sejumlah 11 belokan meander, yang umumnya menunjukkan perubahan pola yang sederhana. Faktor utama yang mempengaruhi evolusi morfometri di daerah ini adalah erosi (dinyatakan dengan Ae/Ad > 1).

Keywords


Parameter Morfometri, Meander, Sungai Batang Ombilin, Sumatera Barat, Sijunjung

Full Text:

PDF

References


V. Aniebone dan J. E. Umeuduji, “River Channel Processes and Morphologic Change,” International Journal of Scientific & Engineering Reasearch, vol. 10, no. 9, pp. 1385-1401, 2019.

WMO, Manual on Sediment Management and Measurement, Switzerland: World Meteorological Organization, 2003.

D. Broderick, “Using Landsat 5 TM and Field Data for Land Cover Classification and Terrestrial Carbon Stock Estimation Along the Kolyma River Near Cherisky,” Doctoral Dissertation, Clark University, Rusia, 2012.

T. Archarya dan I. Yang, “Exploring Landsat 8. International Journal of IT,” Engineering and Applied Sciences Research (IJIEASR), vol. IV, pp. 4-10, 2015.

S. Yousefi, “Changes in Morphometric Meander Parameters Identified on the Karoon River, Iran, Using Remote Sensing Data,” Geomorphology, vol. 271, pp. 55-64, 2016.

P. Lagasse, Methodology for Predicting Channel Migration, Washington DC: National Cooperative Highway Research Program. Transportation Research Board, 2004.

F. Magdaleno dan J. A. Fernandez-Yuzte, “Meander Dynamic in a Changing River Corridor,” Geomorphology, vol. 130, no. 3-4, pp. 197-207, 2011.

R. Charlton, Fundamentals of Fluvial Geomorphology, London & New York: Rouledge Taylor and Francis Group, 2008.

J. M. Hooke, River Meandering. In Treatise on Geomorphology, San Diego: Academic Press, 2013.

X. Guo, “Morphological Characteristics and Changes of Two Meandering Rivers in the Qinghai-Tibet Plateau, China,” Geomorphology, vol. 379, 2021.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.j.2023.v2i1.5003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.