Analisis Identifikasi Bahaya dan Penilaian Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Aktivitas Tambang Bijih Nikel PT. Manado Karya Anugrah site Antam Moronopo Kabupaten Halmahera Timur Provinsi Maluku Utara

Susanti Bunga, A Isjudarto, M. Sri Prasetyo Budi

Abstract


PT. Antam Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan bijih nikel di desa Buli, Provinsi Maluku Utara. Lokasi penelitian ini berada di PT. Manado Karya Anugrah Site Moronopo merupakan perusahaan yang bergerak pada bagian kontraktor. Dalam kegiatan penambangannya perusahaan menggunakan metode open cast. Penambangan terbuka akan sangat dipengaruhi oleh kondisi cuaca terutama musim hujan dan musim kemarau konsentrasi debu sangat tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui potensi bahaya yangterjadi pada kegiatan penambangan nikel, menilai risiko pada potensi bahaya yang terjadi dalam kegiatan penambangan tersebut danmelakukan pengendalian risiko pada kegiatan penambangan nikel, mulai dari unit dump truck, excavator, bulldozer dan bomag. Mengidentifikasi potensi bahaya dan penilaian risiko pada kegiatan front penambangan dengan menggunakan metode HIRADC (Hazard Identification Risk Assessment and Determining Control), yang bertujuan untuk mengidentifikasi potensi bahaya dari setiap pekerjaan kemudiandilakukan penilaian risiko dan pengendalian terhadap risiko tersebut.Hasil dari penelitian ini terdapat 14 potensi bahaya yang teridentifikasi di PT. Manado Karya Anugrah. Kemudian hasil dari penilaian risikoterdapat 4 kategori yaitu extreme, hight, medium, dan low. Hasil dari pengendalian risiko pada unit dump truck yaitu 42,86% tingkat risiko medium dan 57,14% tingkat risiko low, unit excavator yaitu 67% tingkat risiko medium dan 33% tingkat risiko low, unit bulldozer yaitu 67% tingkatrisiko mediumdan33%tingkat risikolow,unit bomagyaitu100% tingkat risiko low.


Keywords


HIRADC, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Potensi bahaya

Full Text:

PDF

References


Apandi,T., dan Sudana,D., 1980, Peta Geologi Lembar Ternate, Maluku Utara, Skala 1:250.000. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.’.

Alfala,R.M., 2021, Skripsi, Kajian Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Penambangan Batubara Di PT. Pamapersada Nusantara Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan, Yogyakarta: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Bessho, 1944. Zona Sesar Maluku Utara. Institut Teknologi Bandung Dep. Umum Research Nasional, Bandung.

Budiyanto,S., 2019, Upaya Meminimalisir Kecelakaan Kerja di Area Penambangan PT. Putra Perkasa Abadi Jobsite Borneo Indobara, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Jurnal Bina Tambang, Vol. 4, No. 1

Bird and Germain., 1985, Modified from The ILCI Loss Causation Model, https://safetyjourney.blogspot.com/2013/07/loss-causation-model-ilci-model-bird.html, diunduh pada 17 maret 2023.

ESDM., 2018, Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi Nomor 1827.K/30/MEM/2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Pertambangan yang Baik, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

Excellentia,R,K., 2021, Skripsi, Rancangan Dimensi Sump Pada Tambang Nikel Di Site Moronopo PT. Aneka Tambang Desa Buli, Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara. Yogyakarta: Institut Teknologi Nasional Yogyakarta.

Kepdirjen, 2019. Keputusan Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 185.K/37.04/DJB/2019 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Keselamatan Pertambangan dan Pelaksanaan, Penilaian, dan Pelaporan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batubara, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

Maradona,H., 2013, Skripsi, Tinjauan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada area penambangan dan pengolahan tambang terbuka PT. Atoz Nusantara Mining Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat. Yogyakarta: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Perpres, 2019 Peraturan Presiden Republik Indonesia No 7 Tahun 2019 tentang Penyakit Akibat Kerja Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Perpres, 2019 Peraturan Presiden Republik Indonesia No 88 Tahun 2019 tentang Kesehatan Kerja Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

PT. Manado Karya Anugrah, 2022. Data-data, Laporan-laporan dan Arsip, Halmahera Timur, Maluku Utara.

PT. Aneka Tambang, 2022,Profil Nikel Laterit, Site Mornopo, Halmahera Timur, Maluku Utara.

Undang-Undang No. 1 tahun 1970, Tentang Keselamatan Kerja. Balai Hiperkes, 2012, Penyakit Akibat Kerja, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.j.2023.v2i1.5001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.