Analisis Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Menggunakan Metode Hazard Identification, Risk Assessment and Risk Control (HIRARC) di PT. Bintang Timur Samudera

Asri Marwa Syabana, Minto Basuki

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat risiko yang mungkin dapat timbul pada proses produksi di PT. Bintang Timur Samudera. Dalam  penelitian ini data yang yang digunakan adalah kegiatan operasional berupa proses produksi kapal aluminium melingkupi pekerjaan pada lambung kapal. Data tersebut diperoleh dari proses identifikasi di lapangan, wawancara tenaga ahli K3, dan penyebaran kuesioner pada pekerja. Metode yang digunakan untuk menganalisis data dan mendapatkan tingkat bahaya pekerjaan adalah Hazard Identification, Risk Assessment and Risk Control (HIRARC) sehingga dapat diperoleh cara mitigasi bahaya yang mungkin terjadi. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada para pekerja dilapangan. Hasil dari proses identifikasi risiko K3 dengan metode HIRARC didapatkan 20 potensi bahaya dengan tingkat risiko sedang (100%). Setelah dilakukan pengendalian risiko, tingkat risiko turun menjadi 10% pada tingkat sedang dan 90% tingkat risiko rendah. Adapun cara pengendalian risiko bahaya tersebut dilakukan dengan cara pemakaian APD (Alat Pelindung Diri) yang lengkap sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan, pemasangan rambu-rambu kewasapadaan (safety sign) seperti tanda bahaya, prosedur, dan aturan. Selain hal tersebut juga dapat dilakukan modifikasi pada alat yang digunakan demi meningkatkan nilai keselamatannya.


Keywords


HIRARC; Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3); Risiko; Bahaya

Full Text:

PDF

References


Anasrullah, (2016), Gambaran Risiko dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Area Fabrikasi Reparasi dan Perpipaan Departemen Produksi PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) Makassar, Makassar: Universitas Islam Negeri Makassar.

Arianto, T., Basuki, M., dan Fariya, S., (2017), Analisa Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Pekerjaan Bangunan Baru Kapal Tanker 17.500 DWT di PT. LMI pada Proses Erection dan Outfitting, Prosiding SNTEKPAN V.

Asdi, R., and Basuki, M., (2021), Risk Management In Shipbuilding Using Bayesian Network With Noisy-Or, IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, ITATS 2021.

Basuki, M., dan Widjaja, S., (2008), Studi Pengembangan Model Manajemen Risiko USAha Bangunan Baru Pada Iindustri Galangan Kapal, Prosiding Seminar Nasional Teknoin, UII Yogyakarta.

Basuki, M dan Choirunisa, B. (2012). Analisa Risiko Proses Pembangunan Kapal Baru 3.500 LTDW White Product Oil Tanker – Pertamina di PT. Dumas Tanjung Perak Surabaya, Jurnal Neptunus, Volume 18, Nomor 2, pp. 97-109, Edisi Juli 2012, Fakultas Teknik UHT

Basuki, M., Manfaat, D., Setiyo, N., and Dinariyana, A.A.B., (2012), Improvement Of The Process Of New Business Of Ship Building Industry, Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, Vol. 15, Issue 2, pp 187-204.

Basuki, M., Manfaat, D., Setiyo, N., and Dinariyana, A.A.B., (2014), Probabilistic Risk Assessment Of The Shipyard Industry Using The Bayesian Method, International Journal of Technology, Vol. 5, Issue 1, pp 88-97.

Basuki, M., and Hildawan, O. M., (2021), Operational Risk Assessment Ship Construction Causes Material Import Using House Of Risk (HOR) and Critical Chain Project Management: Case Study In Gresik Shipyard Industry, Journal of Marine-Earth Science and Technology, Vol. 2, Issue 1, pp 24-28.

Darmawan, I., dan Basuki, M., (2022), Analisis Risiko Keselamatam dan Kesehatan Kerja (K3) pada Aktivitas Bongkar Muat di Dermaga Pelayaran Rakyat Gresik, Prosiding SENASTITAN, Vol. 2, hal 70-77, FTI-ITATS.

Fariya, S., (2017), Penilaian Risiko Keselamatan Kerja pada Industri Ship Recycling di Indonesia. INOVTEK POLBENG 7.2 (2017): 194-202.

Firmansyah, M.I., dan Basuki, M., (2021), Risk Assessment K3 Pada Pekerjaan Bongkar Muat Di Dermaga Jamrud Surabaya Menggunakan Metode HIRAC Dan FMEA, Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan (SEMITAN), Vol. 3, No. 1, hal 372-382.

Gunawan, F. A., Lestari, F., Subekti, A. dan Somad, I., (2016), Manajemen Keselamatan Operasi. Jakarta: Gramedia.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di kbbi.kemdikbud.go.id/entri/bahaya. Diakses 19 Januari 2021

Koreawan O., A., dan Basuki, M., (2019), Identifikasi Bahaya Bekerja Dengan Pendekatan Hazard Identification Risk Assessment And Risk Control (HIRARC) Di PT. Prima Alloy Steel Universal, Prosiding SENIATI 2019, ITN Malang.

Kolluru, RV., (1995), Risk Assessment and Management Handbook:For Environmental, Health, and Safety Professional. United State of America: McGraw-Hill

Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia, (1993), Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor: PER. 04/MEN/1993 Tahun 1993 Tentang Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja, Jakarta.

OHSAS 18001, (2007), Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja.

Putri, D. S., 2016. HIRA pada Pekerja Welding dan Grinding Bengkel Lambung Utara di PT. DOK dan Perkapalan Surabaya (Persero), Jurnal Penelitian Kesehatan, Volume.14, No. 4, Desember 2016

Ramli, S., (2010), Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja OHSAS 18001. Jakarta: Dian Rakyat.

Redjeki, S., (2016), Kesehatan Dan Keselamatan Kerja, Pusdik SDM Kesehatan., Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan.

Samudra, R. A., Dhani, M. R., and Khairansyah, M. D., Hazard Identification Risk Control dan Pemilihan Solusi ALternatif Menggunakan Benefit Cost Analysis (Studi Kasus: PT. Pelindo Marine Service. Proceeding 1st Conference on Safety Engineering and Its Application ISSN No. 2581-1770. Surabaya: Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Sugiantara, K., dan Basuki, M., (2019), Identifikasi dan Mitigasi Risiko di Offshore Operation Facilities Dengan Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis, Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, Volume 5, nomor 2, hal 87-92.

Suma’mur, (1996), Higene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: Toko Gunung Agung.

Tsalist, B. V., dan Basuki, M., (2021), Penilaian Risiko Kesehatan dan Keselamatan Kerja Pada Galangan Kapal PT. Tambanganraya Permai Surabaya Dengan Menggunakan Metode Job Safety Analysis, Vol. 3, No 1.

Yantono, D., dan Basuki, M., (2021), Penilaian Risiko K3 Pada Terminal Nilam-Mirah Surabaya Menggunakan Matrik Risiko Dan FMEA, Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan (SEMITAN), Vol. 3, No. 1, hal 361-365.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.j.2022.v1i1.4989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.