RISK ASSESSMENT K3 PADA DIVISI KAPAL NIAGA PT. PAL INDONESIA MENGGUNAKAN METODE FMEA (FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS )

Mohammad Bayu Saputro, Minto Basuki

Abstract


Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah pulau terbanyak di Dunia, Negara Indonesia mempunyai banyak perusahaan Galangan kapal. PT PAL Indonesia (Persero) merupakan perusahaan galangan kapal terbesar di Indonesia. yang memiliki keunggulan bisnis pada kapabilitas Pembangunan dan rancang-bangun Kapal Perang dan Kapal Niaga. (PT PAL, 2020). Dalam proses pembuatan kapal yang begitu panjang dan melibatkan peralatan berat serta banyak tenaga kerja, maka tidak menutup kemungkinan terjadi resiko kecelakaan kerja. Tujuan penelitian mengidentifikasi risiko,menganalisis peringkat risiko,dan mitigasi risiko yang terjadi pada perkerjaan produksi kapal di Divisi Kapal Niaga PT.PAL Indonesia. Penelitian ini difokuskan pada departemen Erection, metode yang digunakan FMEA. Hasilnya berupa Risk Priority Number (RPN), yang diperolah dari perkalian Severity (kegagalan) x Occurence (Kejadian) x Detection (Deteksi). Sehingga dapat diketahui bahwa yang memiliki nilai RPN tertinggi yaitu pada aktivitas welding/pengelasan, menyebabkan kebakaran dengan nilai RPN sebesar 140. Prioritas kecelakaan kerja yang harus ditangani terlebih dahulu adalah kebakaran akibat proses pengelasan. Pada nantinya diberikan tindakan pengendalian sesuai dari sumber bahaya menggunaan Matrik Risiko, sehingga hasil dari mitigasi menggunakan Matrik Risiko diharapakan dapat menurunkan angka kecelakaan kerja pada Divisi Kapal Niaga di Departemen Erection. Dan diketahui bahwa failure mode yang harus diprioritaskan untuk ditangani perusahaan adalah 3 kategori yang nilainya begitu tinggi yakni kebakaran dari proses pengelasan, Tersengat aliran listrik, dan jatuh dari ketinggian.

Indonesia is an archipelagic country with the largest number of islands in the world, the State of Indonesia has many shipbuilding companies. PT PAL Indonesia (Persero) is the largest shipbuilding company in Indonesia. which has a business advantage in the capability of the construction and design of warships and merchant ships. (PT PAL, 2020). In the process of building a ship that is so long and involves heavy equipment and a lot of manpower, it is possible to have a work accident risk. The research objectives are to identify risks, analyze risk ratings, and mitigate risks that occur in ship production work in the Commercial Ship Division of PT. PAL Indonesia. This research is focused on the Erection department, the method used is FMEA. The result is a Risk Priority Number (RPN), which is obtained by multiplying Severity (failure) x Occurrence x Detection. So that it can be seen that the one with the highest RPN value, namely the activity of welding, causes a fire with an RPN value of 140. The priority of work accidents that must be handled first is fire due to the welding process. In the future, appropriate control measures will be given from the source of the hazard using the Risk Matrix, so that the results of the mitigation using the Risk Matrix are expected to reduce the number of work accidents in the Commercial Ship Division in the Erection Department. And it is known that the failure modes that must be prioritized for the company to handle are 3 categories with very high values, namely fire from the welding process, electrocution, and falling from a height.


Keywords


FMEA;Manajemen Risiko;Matrik Risiko;Risk Assessment K3;Risk Priority Number.

Full Text:

PDF

References


Hanafi, M, Mamduh. (2006). Manajemen Risiko. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Hutagonal, Felix. (2012). Penyebab Kecelakaan Kerja Dan Penyakit Akibat Kerja. http://www.tuloe.wordpress.com/2010/02/20/penyebab-kecelakaan-kerja/, Diunduh pada 12 Desember 2021

Madai, F. (2016, Maret). Analisis Kecelakaan Kerja Pada Karyawan Di Divisi Kapal Niaga (DKN) PT. PAL Indonesia (Persero) Surabaya.

P.Elia, K., Josephus, J., dan Tucunan, A. T. (2016). Hubungan Antara Kelelahan Kerja dan Masa Kerja dengan Produktivitas Kerja pada Tenaga Kerja Bongkar Muat di Pelabuhan Bitung Tahun 2015. PHARMACON Jurnal Ilmiah Farmasi, 5(2), 107–113.

Alwi, F. A., Basuki, M., dan Fariya, S., (2017), Penilaian Risiko K3L Pada Pekerjaan Reparasi Kapal Di PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) Menggunakan Job Safety Analysis (JSA).

Endraswara, D., Basuki, M., dan Indira, I.P,K.A., (2017), Penilaian Risiko Proses Bongkar Curah Kering Menggunakan Metode FMEA ( Failure Mode And Effect Analysis) Di PT. XYZ, Prosiding SNTEKPAN V, ITATS.

Sari, F. D., dan Suletra, I. (2017). Analisis Prioritas Kecelakaan Kerja dengan Metode Failure Mode and Effect Analysis di PT. In PAL Indonesia (Persero). Seminar dan Konferensi Nasional IDEC.(ISSN: 2579-6429), halaman (pp. 423-432).

Billy, T. (2018). Analisis Faktor Penentu Produktivitas Aparatur Sipil Negara Pada Proyek Konstruksi (Doctoral dissertation, UAJY).

C. Permana, M. Basuki, E. Pranatal, (2018), Analisa Risiko Operasional Proses Bangunan Kapal Baru (Studi Kasus Pembangunan Kapal LPD 124 M Di PT. PAL Indonesia (Persero), Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan, ITATS, hal 149-156.

Wigati, D. T. (2018). Analisis Dan Mitigasi Risiko Dengan Metode Risk Assessment (Studi Kasus: Pg. Madukismo).

Adriyani, A. (2019). Studi Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Peningkatan Kewaspadaan Tenaga Kerja Terhadap Keselamatan Kerja (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Sugiantara, K., dan Basuki, M. (2019), Identifikasi dan Mitigasi Risiko di Offshore Operation Facilities Dengan Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis, Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, Volume 5, nomor 2, hal 87-92

Koreawan O., A., dan Basuki, M., (2019), Identifikasi Bahaya Bekerja Dengan Pendekatan Hazard Identification Risk Assessment And Risk Control (HIRARC) Di PT. Prima Alloy Steel Universal, Prosiding SENIATI 2019, ITN Malang

Anastryani, D. (2020). Analisis Kecelakaan Kerja Di Pt Papertech Indonesia Unit Ii Magelang Dengan Pendekatan Incidence Rates Dan Metode HIRA (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Firmansyah, M.I., dan Basuki, M., (2021), Risk Assessment K3 Pada Pekerjaan Bongkar Muat Di Dermaga Jamrud Surabaya Menggunakan Metode HIRAC Dan FMEA, Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan (SEMITAN), Vol. 3, No. 1, hal 372-382

Tsalist, B. V., dan Basuki, M., (2021), Penilaian Risiko Kesehatan dan Keselamatan Kerja Pada Galangan Kapal PT. Tambanganraya Permai Surabaya Dengan Menggunakan Metode Job Safety Analysis, Vol. 3, No 1.

Yantono, D., dan Basuki, M., (2021), Penilaian Risiko K3 Pada Terminal Nilam-Mirah Surabaya Menggunakan Matrik Risiko Dan FMEA, Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan (SEMITAN), Vol. 3, No. 1, hal 361-365.

Darmawan, I., dan Basuki, M., (2022), Analisis Risiko Keselamatam dan Kesehatan Kerja (K3) pada Aktivitas Bongkar Muat di Dermaga Pelayaran Rakyat Gresik, Prosiding SENASTITAN, Vol. 2, hal 70-77, FTI-ITATS




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.j.2022.v1i1.4966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.