KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA AREA PENAMBANGAN DAN PENGOLAHAN PT. POLOWIJO GOSARI DI DESA SEKAPUK KECEMATAN UJUNG PANGKAH KABUPATEN GRESIK PROVINSI JAWA TIMUR

Klotilda Delfiana Anok, Lakon Utamakno, Yudho Dwi Galih Cahyono

Abstract


Salah satu perusahaan pertambangan dan pengolahan dolomit magnesium menjadi pupuk dolomit adalah PT. Polowijo Gosari di Kabupaten Gresik. Faktor yang mempengaruhi kegiatan pertambangan adalah keselamatan dan kesehatan kerja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan keselamatan dan kesehatan kerja,  perbandingan penerapan K3, serta rekomendasi kepada perusahaan terkait dengan peningkatan K3 pada area penambangan dan pengolahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode gabungan yakni kombinasi antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. Dalam pelaksanaan kegiatan di PT. Polowijo Gosari mengenai penerapan keselamatan dan Kesehatan kerja masih adanya tindakan tidak aman dan kondisi tidak aman yang berpotensi menyebabkan kecelakaan. Tindakan tidak aman dalam hal ini ditemukan beberapa pekerja yang tidak menggunakan alat pelindung diri, mengemudi tidak dengan aman, serta kondisi lingkungan tidak aman seperti kondisi front penambangan yang sempit, kondisi jalan angkut cukup sempit, konsentrasi debu sangat tinggi,  hal ini karena kurangnya kesadaran dari para pekerja serta kurangnya pengawasan dari pihak perusahaan. Perbandingan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja pada area penambangan dan pengolahan dapat dianalisa berdasarkan uji regresi linear berganda yang dapat simpulkan bahwa pada area penambangan ada pengaruh negatif dari K3 terhadap kinerja karyawan dalam penerapan K3 pada perusahaan, sedangkan pada area pengolahan ada pengaruh yang signifikan juga yaitu nilai variabel dari lingkungan kerja memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja karyawan dalam penerapan K3  pada perusahaan karena pada kedua area ini sama- sama memiliki nilai negatif maka untuk mengoptilamalkan hal tesebut dari pihak perusahaan wajib menerapkan keselamatan dan kesehatan baik di area penambagan maupun pengolahan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan pemerintah.

 

One of the mining companies and processing magnesium dolomite into dolomite fertilizer is PT. Polowijo Gosari in Gresik Regency. Factors that affect mining activities are occupational safety and health. The purpose of this study is to determine the application of occupational safety and health, to compare the application of OHS, as well as recommendations to companies related to improving OHS in mining and processing areas. The method used in this research is a combined method, namely a combination of quantitative and qualitative research. In the implementation of activities at PT. Polowijo Gosari regarding the application of occupational safety and health, there are still unsafe acts and unsafe conditions that have the potential to cause accidents. Unsafe actions in this case were found by several workers who did not use personal protective equipment, drove unsafely, as well as unsafe environmental conditions such as narrow mining front conditions, quite narrow haul roads, very high dust concentrations, this was due to a lack of awareness from the public. workers and the lack of supervision from the company. Comparison of the application of occupational safety and health in mining and processing areas can be analyzed based on multiple linear regression tests which can be concluded that in the mining area there is a negative effect of K3 on employee performance in the application of K3 at the company, while in the processing area there is a significant influence as well, namely the value Variables from the work environment have a negative influence on employee performance in the application of K3 in the company because both of these areas have negative values, so to optimize this, the company is obliged to implement safety and health both in the mining and processing areas in accordance with established regulations. Government


Keywords


K3;Tindakan Tidak Aman;Kondisi Tidak Aman

Full Text:

PDF

References


M. Chumaidi, “PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP SEMANGAT DAN KINERJA KARYAWAN MA DARUL ‘ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG,” SAINTEKBU, vol. 5, no. 2, 2012.

A. Aminuddin, “Kajian Penerapan Manajemen Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan (K3l) pada Proses Blasting di Area Pertambangan Batubara PT. Cipta Kridatama Jobsite Mahakam Sumber Jaya Kalimantan Timur,” 2011.

R. S. V. Kaligis, B. F. Sompie, J. Tjakra, and D. R. O. Walangitan, “Pengaruh implementasi program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap produktivitas kerja,” Jurnal Sipil Statik, vol. 1, no. 3, 2013.

W. D. W. I. YULANDARI, A. Saptawan, and E. Ermanovida, “IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KESELAMATAN PERTAMBANGAN DI PT. BUKIT ASAM TBK TANJUNG ENIM.” Sriwijaya University, 2019.

Z. Darma, Y. Yunasril, and B. Heriyadi, “Studi Tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Pertambangan Emas Rakyat di Kenagarian Palangki Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung,” Bina Tambang, vol. 3, no. 1, pp. 634–645, 2018.

M. Busyairi, L. O. A. S. Tosungku, and A. Oktaviani, “Pengaruh keselamatan kerja dan kesehatan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan,” 2014.

L. P. W. Watumlawar and L. Utamakno, “Analisis Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Serta Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Penambangan Batu Gamping Di Pt. Pertama Mina Sutra Perkasa, Desa Grenden, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur,” in Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan, 2021, vol. 9, no. 1, pp. 289–296.

N. Falirat et al., “KAJIAN PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA LINGKUNGAN (K3L) TERHADAP PROSES BLASTING PADA PENAMBANGAN BATU GAMPING.,” in Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan, 2021, vol. 3, no. 1, pp. 456–460.

E. A. Marom, “PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan bagian Produksi Perusahaan PT Lion Metal Works Tbk).,” PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan bagian Produksi Perusahaan PT Lion Metal Works Tbk)., 2018.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.j.2022.v1i1.4945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.