Perencanaan Pembangunan Kapal Perikanan 30 GT untuk Daerah Lamongan Ditinjau dari Segi Teknis

Rochma Wahyu Adila, Erifive Pranatal

Abstract


Dalam penelitian ini direncanakan kapal penangkap ikan dengan ukuran 30 GT untuk daerah Kota Lamongan yang efektif dan efisian dari segi teknis. Perencanan ini menggunakan metode regresi linier dari data kapal pembanding untuk menghasilkan ukuran utama kapal. Dalam melaksanakan penelitian ini dilakukan beberapa tahapan perancangan yaitu perhitungan utama, membuat rencana garis, rencana umum, hambatan kapal dan daya mesin. Analisa teknis dilakukan dengan pengujian model kapal dan selanjutnya hasil dan dikembangkan dengan teori – teori ilmu perkapalan untuk mendapatkan beberapa konfigurasi kapal ikan yang dirancang. Hasil regresi ukuran utama adalah Lpp = 14.26 m, B = 3.9 m, T = 1 m, H = 1,3 m, Cb = 0.284, dan Vs = 5 knot. Dari ukuran utama tersebut kemudian di buat gambar rencana garis dan gambar rencana umum. Untuk alat tangkapnya menggunakan rawai tuna.

 

In this study, a fishing vessel with a size of 30 GT is planned for the Lamongan City area which is effective and efficient from a technical point of view. This plan uses the linear regression method from the comparison ship data to produce the main size of the ship. In carrying out this research, several stages of design were carried out, namely the main calculation, making line plans, general plans, ship resistance and engine power. Technical analysis is carried out by testing the ship model and then the results and developed with shipbuilding theories to get several configurations of designed fishing vessels. The main size regression results are Lpp = 14.26 m, B = 3.9 m, T = 1 m, H = 1.3 m, Cb = 0.284, and Vs = 5 knots. From the main dimensions, a line plan and a general plan are made. For fishing gear using tuna longline.


Keywords


Kapal perikanan;ukuran utama;tahanan kapal

Full Text:

PDF

References


Bayu Waseso, Abdi Wahab, Tri Daryanto, (2018). Perancangan Sistem Pemantauan Kapal Perikanan (SPKP) Untuk Kapal Di Bawah 30 GT Dengan Metode Incremental. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Mercu Buana, Meruya Selatan Jakarta.

Direktorat Jendral Perikanan. 1995. Promosi Peluang Usaha di Bidang Perikanan. Direktorat Jendral Perikanan.

Direktorat Jendral Perikanan Tangkap Pelabuhan Nusantara Brondong Kementerian Kelautan dan Perikanan. Laporan Statistik Tahun 2014.

Herianto Suriandin, Angkasa Putra, (2021). Studi Kasus Pada Metode dan Tahapam Pengenalan Perancangan Kapal Penangkap Ikan. Fakultas Perikanan, Ilmu Kelautan, Universitas Muslim Indonesia Politeknik Ahli Usaha Perikanan Jakarta.

Muhammad Irza Gabel, (2018). Studi Model Operasi Kapal Ikan Dengan Kapak Angkut Dalam Upaya Peningkatan Produksi Penangkapan Ikan : Studi Kasus Kapal 30 – 60 GT di PPP Bajomulyo – Pati. Teknik Transporatasi Laut Fakultas Teknologi Kelautan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Mora SombaonDalimunthe , Wilma Amiruddin, Ari Wibawa Budi S (2018) Analisa Teknis Kekuatan Kontruksi Akibat Penggantian Alat Tangkap Dan Nilai Ekonomisnya.

Maula, D. N, (2017). Alat Tangkap Longline. Retrieved Juni 18, 2017. http://togaikan.blogspot.com/2016/09/alat-tangkap-longline.html.

Profil Perikanan Pemerintah Kabupaten Lamongan Tahun, 2015 – 2019 dan 2020. (https://lamongankab.bps.go.id/subject/56/perikanan.html)

Wildan Alfun Niam, (2017). Desain Kapal Ikan Di Perairan Laut Selat Malang.

Departemen Teknik Perkapalan Fakultas Teknologi Kelautan Institur Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Widad, R., & Pranatal, E. (2020, July). PERANCANGAN KAPAL PEMBERSIH SAMPAH (TRASH SKIMMER) UNTUK WILYAH PERAIRAN TELUK SUMENEP. In Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan (SEMITAN) (Vol. 2, No. 1, pp. 293-298).

Pranatal, E., & Ramadhan, B. (2021, August). Studi Perancangan Kapal Wisata Daerah Raja Ampat. In Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan (SEMITAN) (Vol. 3, No. 1, pp. 36-42).




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.j.2022.v1i1.4941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.