Kajian Teknis Produktivitas BWE 202 Pada Pengangkutan Batubara Di Stockpile In Pit TAL PT. Bukit Asam, Tbk

Risna Windiyanto, Andy Erwin Wijaya, Faisol Mukarrom

Abstract


Perusahaan PT. Bukit Asam, Tbk berfokus pada industri pertambangan batubara dan berlokasi di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pemuatan dan pengangkutan batubara oleh PT. Bukit Asam Tbk adalah penambangan berkelanjutan dengan Bucket Wheel Excavator (BWE), Belt Wagon (BW), dan Belt Conveyor (BC). Ketiga peralatan ini saling terintegrasi, sehingga apabila ada satu peralatan terdapat kerusakan, peralatan yang lain akan berhenti beroperasi (stand by). Berdasarkan observasi saat transfer batubara di live stockpile di pit Tambang Ar Laya (TAL), PT. Bukit Asam, Tbk, ditemukan bahwa operasi produksi tidak mencapai target yang telah ditetapkan. Masalah ini disebabkan oleh waktu tunggu akibat overload pada BWE dan kerusakan yang sering terjadi pada mesin BWE itu sendiri. Target produksi yang diinginkan oleh perusahaan adalah 615.000 Ton batubara pada Desember 2022, namun produksi aktual hanya mencapai 144.207,8 Ton. Dengan rincian rata-rata produksi BWE 202 adalah 635,60 BCM/Jam dengan rata-rata produksi 1 hari 9.613.86 Ton dengan pencapaian produktivitas 76,27%. Kondisi tersebut di pengaruhi oleh kinerja dari BWE system yang kurang maksimal dengan EU = 53,33 %, PA = 63, 05 %, UA = 81,46 %, MA BWE 202 = 82,39 %, dan MA Belt Conveyor = 66,11 %. Berdasarkan observasi yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa diperlukan evaluasi ulang terkait perawatan berkala dan teratur untuk Alat Tambang Utama (ATU), khususnya pada peralatan yang rentan terhadap keausan, seperti Roll Belt Conveyor, sesuai dengan rencana perawatan yang telah ditetapkan. Sering terjadinya hambatan overload yang terjadi di CE-31 maka perlu adanya perubahan pada Ban Belt Conveyor dari ban yang polos menjadi ban yang memiliki karet pencekram di CS-32 dengan tujuan agar memperlancar jalanya batubara dan menguragi hambatan overload.

Keywords


Produksi; Bucket Whell Excavator; Continuous Mining

Full Text:

PDF

References


Anonim., 1984, “Manajemen Alat-Alat Besar”, PT United Tractors

Ardeva, M. H. 2020. Optimalisasi Produktivitas Bucket Wheel Excavator (BWE-203) TerhadapRencana dan Realisasi untuk Mencapai Target Produksi Pemindahan Batubara di Pit Muara Tiga Besar Utara (MTBU) Blok Barat (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Bakosurtanal., 2003, “Peta Administrasi Sumatera Selatan”., Jakarta

Cobrie, T., Purnomo, J., 1986, “Geologi Lembar Lahat”, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Bandung

Jasmiadi., 2009, “Upaya Perbaikan Efesiensi Kerja Kegiatan Pemuatan Dan Pengangkutan Overburden Pada Kegiatan Penambangan Batubara di PT Nusa Alam Lestari Site Sapan Dalam Kecamatan Talawi Kota Sawah Lunto Provinsi Sumatera Barat”, Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Islam Bandung, Bandung

Kholil, A., 2012, “Alat Berat”, PT Remaja Rosda Karya, Bandung

Lubis, M. F. (2018). Optimalisasi efisiensi kerja bucket wheel excavator (BWE) terhadap produksi batubara pada tambang batubara Muara Tiga Batu Besar di PT. Bukit Asam (persero), Tbk. Tanjung Enim Sumatera Selatan. SKRIPSI-2018.

Nani, Y., 2011, " BWE Teknologi Penambangan Continous Mining", Tanjung Enim, Sumatera Selatan.

Prodjosumarto, P., Zaenal., 2000 “Tambang Terbuka (Surface Mining)”, Departemen Pertambangan Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Prodjosumarto, P., 1993 “Pemindahan Tanah Mekanis”, Jurusan Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung, Bandung

Prodjosumarto, P. 1996. Pemindahan Tanah Mekanis. Bandung : Jurusan Teknik Pertambangan, ITB.

Pramono, T. P. (2016). Analisis Kinerja Penggalian Bucket Wheel Excavator (BWE) Dalam Upaya Mencapai Target Produksi Over Burden di PT. Bukit Asam (Persero) Tbk Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE) Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan.

Sari F., 2008 “ BAB III Gambaran Umum Pertambangan Batubara Di Indonesia”

Verdyan, D. 2013. Kajian Teknis Produktivitas Bucket Wheel Excavator Terhadap Sasaran Produksi Pada Penggalian Batubara Dan Tanah Penutup Di Pit Muara Tiga Besar Utara Pt. Bukit Asam Tanjung Enim Sumatera Selatan (Doctoral Dissertation, Upn" Veteran" Yogyakarta).

Widodo, S., 1995, “Penyesuaian Ketebalan Gali dan Kecepatan Ayun Lengan

Bucket Wheel Excavator di Tambang Air Laya Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPT) PT Tambang Batubara Bukit Asam (PERSERO)”, Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Pembangunan Nasional “VETERAN” , Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.j.2023.v2i1.4915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.