KAJIAN EFISIENSI KONSUMSI BAHAN BAKAR DUMP TRUCK KAMAZ 6520 PADA AKTIVITAS PENGANGKUTAN BATUBARA PIT 2 BANKO BARAT DARI FLEET A1 MENUJU DUMP HOPPER 4 PT. BUKIT ASAM, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN

Avellyn Shinthya Sari, Yudho Dwi Galih Cahyono, Zuhrotus Sa’adah

Abstract


PT. Bukit Asam, Tbk merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan batubara yang terletak di Kelurahan Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Metode penambangan PT. Bukit Asam, Tbk mengunakan metode tambang terbuka dengan sistem penambangan open pit. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efisiensi konsumsi bahan bakar dump truck Kamaz 6520 dalam aktivitas pengangkutan batubara dari fleet A1 menuju dump Hopper 4 sehingga akan di dapatkan suatu fuel ratio aktual. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis metode penelitian kuntitatif dan metode penelitian kualitatif (gabungan) dengan pengolahan dan analisis data menggunakan analisis statistik dan matematis. Bersadarkan hasil penelitian di lapangan konsumsi bahan bakar aktual masih tinggi yaitu 11.70 liter/jam yang tidak sesuai dengan standar konsumsi bahan bakar perusahaan yaitu 10-11 liter/jam untuk dump truck Kamaz 6520. Produktivitas alat angkut aktual adalah sebesar 298.46 ton/jam dan belum memenuhi target produksi sebesar 329 ton/jam yang menyebabkan nilai fuel ratio aktual 0.35 liter/LCM yang dimana melebihi standar fuel ratio yang ditetapkan perusahaan untuk dump truck Kamaz 6520 sebesar 0.29 liter/LCM. Penulis melakukan rekomendasi untuk menekan nilai fuel ratio yang melebihi standar yang telah ditetapkan oleh PT. Bukit Asam, Tbk untuk dump truck Kamaz 6520 dengan cara optimalisasi nilai cycle time dan efisiensi kerja alat angkut. Setelah dilakukan optimalisasi produktivitas alat angkut meningkat menjadi 349.79 ton/jam dan fuel ratio turun menjadi 0.28 liter/LCM

Keywords


Dump Truck, Konsumsi Bahan Bakar, Fuel Ratio

Full Text:

PDF

References


A. Assidiqi, “Aktivitas Pertambangan Batubara dan Optimalisasi Produktivitas Alat Gali Muat dan Alat Angkut Pada Kegiatan Pengupasan Overburden Pada Fleet 1 dan 2 Untuk Mencapai Target Produksi Di Pit IV PT. Akat Srida Amri, Kabupaten Muaro Bungo, Provinsi Jambi,” Jambi : Universitas Jambi, 2022.

A. Mirza, “Analisis Pengaruh Geometri Jalan Terhadap Fuel Ratio Dan Biaya Alat Angkut Dump Truck HINO FM 260 JD Dalam Kegiatan Penambangan Di Front Tambang,” Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah, 2019.

B. B. U. Putra, L. Utamakno, E. Kusdarini, “Analisa Optimalisasi Alat Muat dan Alat Angkut Untuk Mencapai Target Produksi Overburden Di Pit 2 PT. Fontana Resources Indonesia, Kalimantan Tengah,” in Prosding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan, 2019, vol I.

F. Amir and A. S. Sari, “Analisis Produktivitas Alat Gali Muat dan Alat Angkut Pada Penambangan Batugamping PT. Semen Indonesia, Tbk, Kabupaten Tuban Jawa Timur,” ,” in Prosding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan, 2021, vol III. no. 1. pp. 2686-0651.

F. A. R. Putri, Y. D. G. Cahyono, S. Rabin, “Kajian Produktivitas Alat Untuk Mengoptimalkan Hasil Produksi Overburden Di PT. Karebet Mas Indonesia Site Kutai Energi Kalimantan Timur,” Jurnal PROMINE, vol. 9, no. 2, 2021.

I. R. Tunliu, “Pengaruh Jarak Angkut dan Geometri Jalan Terhadap Sistem Penerapan 2 Jalur Angkut Berdasarkan Produktivitas dan Konsumsi Fuel Alat Angkut Dump Truck CAT 773E Di PT. Jresources Sago Prima Pratama Seruyung Kalimantan Utara,” Palembang : Universitas Sriwijaya, 2020.

J. G. Wahono and Y. D. G. Cahyono, “Evaluasi Penggunaan Alat Muat dan Alat Angkut Untuk Peningkatan Produktivitas Andesit Di PT. Bina Nugraha Utama Kec. Kejayan Kab. Pasuruan Prov. Jawa Timur,” in Prosding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan, 2020, vol II. no. 1. pp. 2686-0651.

M. A. R. Himawan, Nurhakim, Annisa, “Analisis Optimalisasi Fuel Ratio Peralatan Mekanis Dalam Aktivitas Penggalian dan Pengangkutan Overburden PT. Madhani Talatah Nusantara,” jurnal HIMASAPTA, vol. 4, no. 2, 2020.

M. F. Amiruddin, U. Saismana, Riswan, “Analisis Kegiatan Produktivitas Terhadap Fuel Ratio Alat Angkut dan Alat Gali Muat Pada Pit 2 Di PT. Pro Sarana Cipta,” jurnal HIMASAPTA, vol. 5, no. 3, 2020.

M. R. Widara, A. S. Sari, E. Nursanto, “Biaya Operasi Dump Truck HD605 Komatsu Pada Pengangkutan Batu Gamping Di PT. XYZ Kabupaten Bogor,” in Prosding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan, 2018, vol VI.

S. Zuhri and Y. D. G. Cahyono, “Analisa Match Factor Untuk Meningkatkan Produktivitas Alat Muat dan Alat Angkut Pada Penambangan Sirtu PT. Pasirindo Perkasa Kabupaten Lumajang Jawa Timur,” in Prosding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan, 2020, vol II. no. 1. pp. 2686-0651.

Y. Fanani and R. Destinaba, “Analisa Model Matematika Pengaruh Geometri Jalan Angkut Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dump Truck (Studi Kasus : PT. Bukit Asam, Tbk Sumatera Selatan),” in Prosding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan, 2019, vol I.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.j.2023.v1i2.4846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.