Pendampingan Branding dan Pemanfaatan Digital Marketing untuk Pengembangan Industri Anyaman Pandan Hutan "Teguh Karya" Desa Gunungteguh, Pulau Bawean

Fara Kamila Hudy, Wahyu Kamal Setiawan, Damara Alif Pradipta, Azmi Alvian Gabriel, Mira Ferdiawati

Abstract

Industri anyaman pandan “Teguh Karya” di Desa Gunungteguh, Pulau Bawean, menghadapi tantangan dalam pemasaran produknya meskipun memiliki kualitas yang baik. Namun, produk ini belum menjadi top of mind di sektor industri anyaman pandan. Lokasi Pulau Bawean yang terpisah dari Pulau Jawa membatasi akses pasar konvensional sehingga diperlukan strategi khusus untuk memperluas jangkauan pasar. Program pengabdian masyarakat dilakukan untuk mendukung pengembangan industri ini melalui branding dan pemanfaatan digital marketing. Kegiatan tersebut melibatkan metode survei, wawancara, diskusi, pelatihan, dan evaluasi mengenai branding serta digital marketing. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menghasilkan logo, kemasan, dan akun e-commerce baru sebagai elemen branding. Setelah terlaksananya program ini, terdapat peningkatan jumlah penjualan KUB Teguh Karya dari rata-rata 50 unit per bulan meningkat menjadi 80 unit per bulan. Hal ini sejalan dengan peningkatan omzet penjualan KUB Teguh Karya dari rata-rata omzet Rp7.500.000 per bulan meningkat menjadi Rp14.400.000 per bulan. Program pengabdian masyarakat ini diharapkan membantu perajin meningkatkan keterampilan mereka dalam branding dan digital marketing sehingga produk mereka lebih kompetitif di pasar yang lebih luas dan peningkatan omzet dapat terjadi secara berkelanjutan.

Keywords

Anyaman pandan; Branding; Digital marketing; Pengabdian masyarakat; Pulau Bawean

Full Text:

PDF

References

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. “Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean” JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara. 2018. Vol 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175.

Dwicahyani, A. R., Novianarenti, E., Radityaningrum, A. D., & Ningsih, E. “Identifikasi Kendala dan Rumusan Strategi Pengelolaan Bank Sampah di Simojawar, Surabaya”.JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK). 2020. Vol 4(2), 49–58. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2020.v4i2.1090.

Mas' udah, K. W., Wuryandari, Y., Nathania, Y., Andriani, N., Zhalsabilla, R. Y., Pratama, E. P., & Zakqy, N. “Pendampingan UMKM dalam Meningkatkan Branding dan Legalitas di Desa Pulosari”.KARYA UNGGUL:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.2022. Vol 1(2), 185–197.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. “Marketing Management Edisi 14, Global Edition. Pearson Prentice Hall.”. 2012.

Wildyana, & Suyasa, P. Tommy. “Persepsi terhadap Kemasan dan Intensi Membeli”. Phronesis: Jurnal Ilmiah Psikologi Industri dan Organisasi. 2008. Vol 8. 110–124.

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. “Pemanfaatan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0”. JCES (Journal of Character Education Society). 2020. Vol 3(3), 651–659. https://doi.org/10.31764/jces.v3i3.2799.

Oktaviani, F., & Rustandi, D. “Implementasi Digital marketing dalam Membangun Brand Awareness”. Profesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat. 2018. Vol. 3(1), 1–20. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Harto, Budi, Abdul Rozak, & Arief Yanto Rukmana. "Strategi Marketing Belah Doeren Melalui Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Brand Image." ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis7.1. 2021. 67–74. https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i1.546.

Deyantara, R., & Zawawi, Z. “Pendampingan Branding dan Digital Marketing Pada UMKM Kelurahan Tlumpu, Kota Blitar”. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global. 2023. 2(3), 161–168. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i3.1360.

Riyanto, S., Azis, M. N. L., & Putera, A. R. “Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun”. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 022. Vol 5(1), 137–142. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11534.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.