Pelatihan Social Coding Guna Meningkatkan Pengembangan Perangkat Lunak bagi Siswa SMK di Kota Bandung

Indira Syawanodya, Dian Anggraini, Asyifa Imanda Septiana

Abstract

Social coding merupakan kegiatan yang dilakukan dalam berkolaborasi pada saat melakukan pengembangan suatu perangkat lunak. Dengan mengimplementasikan social coding, kolaborasi menjadi lebih efektif karena terhindar dari pengerjaan task yang bersamaan. Selain itu, dalam social coding, terdapat log aktivitas yang dapat dimanfaatkan dalam pelaporan. Salah satu SMK di Bandung, yakni SMK Negeri 13 Bandung pada program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak memberikan tugas kepada siswa yang menduduki kelas XI untuk membangun sebuah perangkat lunak yang dikerjakan secara berkelompok. Namun, baik siswa dan guru belum memiliki kompetensi dalam menerapkan social coding. Selain itu, guru juga kesulitan memeriksa pekerjaan individu siswa ketika membangun perangkat lunak. Berdasarkan permasalahan tersebut, solusi yang diberikan kepada SMK Negeri 13 Bandung adalah adanya program pelatihan social coding menggunakan Git untuk menunjang siswa dalam melaksanakan kolaborasi coding untuk menyelesaikan tugas besar. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pelatihan adalah siswa mampu melaksanakan kolaborasi coding dengan mengimplementasikan Git dalam membangun perangkat lunak. 

Keywords

Git; Rekayasa perangkat lunak; Sekolah kejuruan; Social coding

Full Text:

PDF

References

D. Cucinotta and M. Vanelli, “WHO declares COVID-19 a pandemic,” Acta Biomedica, vol. 91, no. 1. Mattioli 1885, pp. 157–160, 2020. doi: 10.23750/abm.v91i1.9397.

D. Russo, P. H. P. Hanel, S. Altnickel, and N. van Berkel, “The daily life of software engineers during the COVID-19 pandemic,” in Proceedings - International Conference on Software Engineering, May 2021, pp. 364–373. doi: 10.1109/ICSE-SEIP52600.2021.00048.

D. Russo, P. H. P. Hanel, S. Altnickel, and N. van Berkel, “Predictors of well-being and productivity among software professionals during the COVID-19 pandemic – a longitudinal study,” Empir Softw Eng, vol. 26, no. 4, Jul. 2021, doi: 10.1007/s10664-021-09945-9.

D. Dwidienawati, D. Tjahjana, Y. D. Pradipto, and D. Gandasari, “Is your Work from Home Job satisfying? Lesson Learned from Work from Homeduring COVID-19 Outbreak in Indonesia,” Journal of the Social Sciences, no. 3, p. 48, 2020, [Online]. Available: www.apcjss.com

T. F. Krisnamurti, “Faktor-Faktor Yang…(Tira Fatma Krisnamurti) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN KERJA SISWA SMK,” 2017. [Online]. Available: http://www.kemenperin.go.id/download/4556

H. Sofyan and K. Komariah, “PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMK PROBLEM BASED LEARNING IN THE 2013 CURICULLUM IMPLEMENTATION OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL,” SMK, vol. 6, no. 3, 2016, [Online]. Available: www.kemdikbud.go.id

M. Nurtanto and H. Sofyan, “IMPLEMENTASI PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF, PSIKOMOTOR, DAN AFEKTIF SISWA DI SMK THE IMPLEMENTATION OF PROBLEM-BASED LEARNING TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES OF COGNITIVE, PSYCHOMOTOR, AND AFFECTIVE OF STUDENTS IN VOCATIONAL SCHOOL,” 2015.

C. L. Chiang and H. Lee, “The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students,” International Journal of Information and Education Technology, vol. 6, no. 9, pp. 709–712, 2016, doi: 10.7763/IJIET.2016.V6.779.

F. Rusydan and B. Sujatmiko, “Studi Literatur Efek Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keahlian Pemecahan Masalah pada Peserta Didik Rekayasa Perangkat Lunak di Sekolah Menengah Kejuruan,” 2021.

V. Tugun, H. Uzunboylu, and F. Ozdamli, “Coding education in a flipped classroom,” TEM Journal, vol. 6, no. 3, pp. 599–606, Aug. 2017, doi: 10.18421/TEM63-23.

G. B. Alves, M. A. Brandão, D. M. Santana, A. Paula, C. da Silva, and M. M. Moro, “The Strength of Social Coding Collaboration on GitHub,” 2016.

D. Spinellis, “TOOLS OF THE TRADE Decentralized Revision Control,” IEEE Software 29(3), pp. 100–101, 2012, [Online]. Available: http://ComputingNow.computer.org.

E. Ferdiana Sari, “PENERAPAN GITHUB SEBAGAI MEDIA E-LEARNING UNTUK MENGETAHUI KEEFEKTIFAN KOLABORASI PROJECT PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DAN PERANGKAT BERGERAK DI SMK NEGERI 2 SURABAYA,” 2021.

L. Dabbish, C. Stuart, J. Tsay, and J. Herbsleb, Social Coding in GitHub: Transparency and Collaboration in an Open Software Repository. Association for Computing Machinery, 2012.

F. Rahmi, L. Sari, and S. S. Rejeki, “Identifikasi kesiapan memasuki dunia kerja melalui profil soft skill siswa SMK,” Bakti Sekawan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 2, pp. 51–55, 2021.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.