Penggunaan Instagram Stories sebagai Media Promosi Kesehatan Mata
Abstract
Instagram merupakan salah satu dari media sosial yang sering digunakan di Indonesia. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kesehatan mata dengan memanfaatkan media Instagram Stories. Subjek sasaran kegiatan adalah pengikut akun Instagram @optometry.bth. Materi yang akan disampaikan adalah fakta unik tentang mata, keluhan penglihatan, kelainan refraksi, dan penyakit mata. Materi disajikan dalam bentuk gambar, animasi, dan video. Penyampaian materi pun dilakukan secara langsung ataupun diselingi dengan interaksi seperti pengajuan respon dalam bentuk pertanyaan, cari gambar, dan tebak lagu. Dari hasil kegiatan, diketahui bahwa jumlah dan rata-rata view dan discovery paling besar diperoleh di hari pertama dengan menggunakan media video. Sedangkan yang paling rendah diperoleh di hari ketujuh dengan media gambar. Kesimpulan dari kegiatan ini yakni Instagram Stories dapat digunakan sebagai media promosi kesehatan mata. Pengikut dari akun @optometry.bth merasakan kebermanfaatan informasi yang disampaikan melalui media ini. Meskipun demikian, banyaknya view dan discovery dari setiap unggahan stories sangat ditentukan oleh jumlah pengikut, konten yang menarik, serta waktu unggah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
S. Edney, S. Bogomolova, J. Ryan, T. Olds, I. Sanders, and C. Maher, “Creating Engaging Health Promotion Campaigns on Social Media: Observations and Lessons From Fitbit and Garmin,” J. Med. Internet Res., vol. 20, no. 12, p. e10911, Dec. 2018, doi: 10.2196/10911.
S. Kemp, “DIGITAL 2021: INDONESIA,” Data Reportal, 2021. https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia (accessed Jul. 03, 2021).
S. Jiang and A. Ngien, “The Effects of Instagram Use, Social Comparison, and Self-Esteem on Social Anxiety: A Survey Study in Singapore,” Soc. Media Soc., vol. 6, no. 2, p. 205630512091248, Apr. 2020, doi: 10.1177/2056305120912488.
C. Maitra and J. Rowley, “Using a social media based intervention to enhance eye health awareness of members of a deprived community in India,” Inf. Dev., p. 026666692110134, May 2021, doi: 10.1177/02666669211013450.
H. Nurhayati, “Average time spent using online media in Indonesia in Q3 2020, by activity,” Statista, 2021. https://www.statista.com/statistics/803524/daily-time-spent-using-online-media-by-activity-indonesia/ (accessed Jul. 03, 2021).
N. N. Rahmat, A. Munawir, and S. Bukhori, “Duration of Gadget Usage Affects Eye Fatigue in Students Aged 16-18 Years,” Health Notions, vol. 1, no. 4, 2017, doi: 10.33846/HN.V1I4.69.
T. Wahyuningrum and V. E. Prameswari, “THE RELATIONSHIP BETWEEN GADGET ADDICTION AND VISUAL ACUITY IN ELEMENTARY SCHOOL STUDENT OF MLIRIP II MOJOKERTO,” Int. J. Nurs. Midwifery Sci., vol. 2, no. 3, 2018.
NN, “Instagram,” 2021. https://en.wikipedia.org/wiki/Instagram
A. R. Marcon, M. Bieber, and M. B. Azad, “Protecting, promoting, and supporting breastfeeding on Instagram,” Matern. Child. Nutr., vol. 15, no. 1, Jan. 2019, doi: 10.1111/mcn.12658.
A. Wulantari and Y. Rahmayanti, “Gambaran Pengguna Media Sosial Facebook Dan Instagram Dalam Promosi Kesehatan Bahaya Merokok,” KANDIDAT, vol. 1, no. 2, pp. 47–55, 2019.
D. Belanche, I. Cenjor, and A. Pérez-Rueda, “Instagram Stories versus Facebook Wall: an advertising effectiveness analysis,” Span. J. Mark. - ESIC, vol. 23, no. 1, pp. 69–94, May 2019, doi: 10.1108/SJME-09-2018-0042.
Refbacks
- There are currently no refbacks.