Pelatihan Pengajaran Bahasa Inggris Usia Dini bagi Guru-Guru Bahasa Inggris di PAUD-TK-MI

Lailatul Masruroh, Maslakhatul Ainiyah, Bariqotul Hidayah

Abstract


Bahasa Inggris, sebagai bahasa internasional, mendapat perhatian lebih dalam dunia pendidikan di Indonesia. Bahasa asing ini dijadikan mata pelajaran wajib di sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA). Selain itu, bahasa ini dijadikan muatan lokal di sekolah dasar (SD). Bahkan, beberapa kelompok belajar (KB) atau taman kanak-kanak (TK) sudah mengajarkan bahasa Inggris untuk anak-anak. Pada usia dini, anak-anak akan dengan mudah memperoleh atau mempelajari sesuatu yang baru, lebih-lebih mempelajari bahasa. Hal ini sesuai dengan teori second language acquisition. Oleh karena itu, untuk mengurangi terjadinya eror pada pembelajaran bahasa di usia dini, khususnya terkait teknik dan strategi pengajaran, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pelatihan pengajaran bahasa Inggris usia dini pada guru-guru Bahasa Inggris di PAUD/TK/MI Desa Abar-Abir. Kegiatan ini bertujuan untuk dapat memberikan gambaran kepada guru-guru tentang pengajaran English for the young learner.

Keywords


Pelatihan; Pengajaran; Guru Bahasa Inggris; Usia dini

Full Text:

PDF

References


Cameron, L. (2002). Teaching Languages to Young Learners. Cambridge University Press.

Chomsky, N. (1999). On Nature, Use, and Acquisition of Language. Dalam Ritchie dan Bhatia.

Kasiani, S. (2012). Teaching English for Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara.

Shin, J. K. (2000). Teaching English to Young Learners. University of Maryland, Baltimore County.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i1.247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JPP IPTEK - Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

ISSN (daring): 2620-7745