Pengembangan dan Analisis Aplikasi Penjualan Mobil dan Suku Cadang pada CV Putra Iman

Mei P Kurniawan, Barka Satya

Abstract


Seiring dengan kebutuhan masyarakat dengan efisiensi mobilitas, membuat kebutuhan terhadap suatu media transportasi tidak lagi menjadi kebutuhan sekunder, dibuktikan dengan penjualan kendaraan yang terus meningkat setiap tahunnya terutama dengan penjualan mobil. Terbatasnya media informasi pada suatu showroom penjualan mobil membuat calon pembeli atau calon pembeli harus datang langsung untuk mengetahui fasilitas dan teknologi mobil tersebut. Ketidak efisienan interaksi antara calon pembeli dan agen penjual menjadi masalah utama pada penelitian ini. Penerapan media e-commerce diajukan untuk menyelesaikan permasalah tersebut. Studi kasus dilakukan pada CV. Putra Iman yang merupakan showroom penjualan mobil dan suku cadang. Aplikasi yang berbasis website ini nantinya akan diisi dengan fitur transaksi penjualan mobil, suku cadang dan lainnya, informasi mengenai ketersediaan mobil dan juga suku cadang dapat langsung dilihat calon pembeli pada website e-comerce tersebut serta informasi mengenai spesifikasi barang yang di pasarkan pada showroom. Kemudian website ini diuji ke 10 pengguna dan dilakukan wawancara ke pengguna tersebut. Dari hasil pengujian diperoleh fakta bahwa 9 dari 10 pengguna menyatakan website ini informatif dan memudahkan dalam melakukan pembayaran.


Keywords


e-Commerce; Sistem informasi; Fitur transaksi; Showroom

Full Text:

PDF

References


Dan, A., & Sistem, P. (2015). Informasi Penjualan Piranti Multimedia Berbasis Web ( Studi Kasus : PT Sistem Kreasi Inovasi Indonesia). In Seminar Nasiona Sains dan Teknologi Terapan.

Susanto, & Zakaria. (2017). Analisis Swot Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran di Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan. Proceeding Healt Architecture, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i1.193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JPP IPTEK - Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

ISSN (daring): 2620-7745