Iptek bagi Masyarakat Taman Kanak-Kanak di Desa Kalitirto Kecamatan Berbah

Rizqi Sukma Kharisma, Istiningsih Istiningsih

Abstract


Berbah adalah kecamatan Sleman, Yogyakarta, yang memiliki 21 sekolah taman kanak-kanak sebagai pendidikan formal untuk anak-anak. Dua taman kanak-kanak telah mendapatkan akreditasi B, adalah taman kanak-kanak Aisiyah Bustanul Atfhal (ABA) Berbah dan Lestari. Bukti akreditasi bahwa taman kanak-kanak berpotensi dijadikan sampel untuk taman kanak-kanak. Sayangnya, taman kanak-kanak itu tidak memiliki teknologi manajemen sekolah dan proses belajar. Manajemen sekolah menggunakan proses manual untuk membuat surat, dan mereka menyewa komputer untuk membuat dokumen digital. Mereka memiliki masalah untuk menginformasikan kepada orang tua hubungan siswa dan pihak ketiga. Proses pembelajaran masih menggunakan kapur dan simulasi manual. Proses berbasis komputer adalah solusi untuk mengatasi masalah di atas. Proses belajar lebih baik untuk berkonversi ke komputer berbasis simulasi dan konversinya menjadi berbasis multimedia. Metode baru membutuhkan beberapa komputer dengan spesifikasi multimedia; Seperti laptop, speaker dan proyektor untuk setiap taman kanak-kanak. Hasil dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman guru dan karyawan manajemen sekolah berbasis komputer. Output tambahannya adalah penerapan media pembelajaran yang bisa digunakan para guru dan siswa taman kanak-kanak untuk menunjang proses pembelajaran manajemen dan simulasi. Akhirnya, hasil umum dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kedua taman kanak-kanak dengan menggunakan teknologi informasi.


Keywords


taman kanak-kanak; manajemen; media pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2017.v1i1.143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JPP IPTEK - Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

ISSN (daring): 2620-7745