Program Ipteks bagi Inovasi dan Kreativitas Kampus IT Training & Service Center

Budi Herdiana, Bobi Kurniawan

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh seorang dosen sebagai bagian dari tri dharma perguruan tinggi yang bertujuan untuk menerapkan dan mengimplementasikan kompetensi keilmuan yang dimiliki seorang dosen guna memberikan kontribusi positif bagi kebutuhan masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di UNIKOM ini merupakan perwujudan kreatifitas dosen dan mahasiswa yang ingin mengembangkan kemampuannya di bidang teknologi informasi dan kewirausahaan, maka dari itu kami membentuk suatu unit usaha pengabdian pada tahun 2014 bernama “IT Training & Service Center (ITSC)â€. Unit usaha pengabdian ini diwujudkan oleh beberapa orang dosen teknik elektro, sistem komputer, dan teknik informatika. Pada awalnya unit usaha ini terbentuk karena kesamaan visi dan misi beberapa dosen yang tergabung dalam kegiatan workshop di laboratorium hardware terkait dengan aktivitas perbaikan perangkat komputer, laptop, handphone dan smartphone. Sasaran utama konsumen unit usaha ini adalah  sekolah menengah atas di sekitar bandung dan jawa barat, mahasiswa, masyarakat umum dan pekerja kantoran atau perusahaan. Mutu peningkatan unit usaha ini selama 3 tahun kami berdiri menunjukan jumlah konsumen yang menggunakan jasa kami meningkat setiap tahunnya. Dimana terlihat hasil yang diperoleh dari tahun 2014 dimana jumlah konsumen saat itu hanya 50 orang baik yang mengikuti training maupun service. Di tahun selanjutnya jumlah konsumen meningkat mencapai 235 orang untuk pelatihan dan 86 untuk pengguna jasa service. Sedangkan pada tahun 2016 mengalami kenaikan lebih dari satu kali lipat dengan rata-rata kenaikan setiap tahunnya mencapai lebih dari 100 %.

Full Text:

PDF

References


Kasmad Ariansyah dan Sri Wahyuningsih., (2016). Studi Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Layanan Pitalebar pada Jaringan Bergerak Seluler, pp 20 - 27

Klaus Finkezeller., (2010). RFID Handbook 3th edition, Wiley & Sons.

Jhon Boxall. (2011). Arduino Workshop, No Starsch Pers, San Franscisco USA.

Tarmo Anttalainen. 2003. Introduction to Telecommunication Network Engineering 2th edition, Artech Houser, Boston London.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2017.v1i1.101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPP IPTEK - Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

ISSN (daring): 2620-7745