Perancangan Enterprise Architecture Menggunakan TOGAF di Universitas ABC

Lestari Retnawati

Abstract


Universitas ABC merupakan institusi yang telah menerapkan ICT dalam operasional akademik maupun non-akademik. Universitas ABC telah berkomitmen untuk menjadi perguruan tinggi berkualitas yang selalu ingin menjadi terdepan seperti yang tertuang dalam visi dan misi Universitas ABC. Teknologi telah berkembang dengan sangat cepat untuk memasukkan layanan dan sistem yang lebih luas yang membuat Universitas ABC harus mampu mengorganisasi informasi yang diciptakan secara lokal dan akses informasi yang tersebar secara global. Penting sekali untuk mengembangkan perencanaan teknologi dasar sebagai tahap awal dalam mengidentifikasi sistem dan layanan yang diyakini paling baik untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan memenuhi misi dan visi Universitas ABC. Berdasarkan hal tersebut, Universitas ABC membutuhkan perencanaan enterprise architecture yang sesuai dengan strategi dan perkembangan lembaga pendidikan. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian dengan judul Perancangan Enterprise Archicture Menggunakan TOGAF di Universitas ABC. Adapun perencanaan arsitektur pada penelitian ini, lebih dikhususkan pada TOGAF ADM. Penelitian ini menghasilkan blue print arsitektur bisnis, arsitektur aplikasi, arsitektur data, arsitektur teknologi, dan analisis gap, serta gambaran mengenai penerapan aplikasi di Universitas ABC.


Keywords


Enterprise architecture; Blueprint; Framework; TOGAF ADM

References


W. Hadi, A. Rosidi, and E. Lutfi. "Analisis Pemodelan Arsitektur Enterprise untuk Mendukung Sistem Informasi Akademik dengan TOGAF (Studi Kasus AMIK AMIKOM Surakarta)," Duta.Com : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 5, no. 1, Sept. 2013.

I. Hizbullah, E. Nugroho, and P. I. Santosa. "Model Perencanaan Strategis SI/TI Perguruan Tinggi Menggunakan Framework TOGAF (Studi Kasus STKIP Kie Raha)," Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIK 2015), Semarang, 10 Oktober 2015, 2015.

R. Setiawan. "Perancangan Arsitektur Enterprise Untuk Perguruan Tinggi Swasta Menggunakan TOGAF ADM," Jurnal Algoritma, vol. 12, 2015.

J. A. O’Brien. Introduction to Information Systems, 12th edition. Northern Arizona: McGraw- Hill, 2005.

K. Surendro. Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi, Bandung: Informatika, 2009.

F. Fahrianto, V. Amrizal, and Aenun. "Perencanaan Infrastruktur Teknologi Informasi di Lembaga Penelitian (Lemlit) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Menggunakan TOGAF Architecture Development Method (ADM)," J. Tek. Inform., vol. 8, no. 2, pp. 1–13, 2015.

The Open Group. Open Group Standard TOGAF® Version 9.1, 2009.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.iptek.2018.v22i1.221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal IPTEK

 

Indexed by:

Sinta S3 Google Scholar GARUDA Garba Rujukan Digital