Komparasi Penggunaan SNI Gempa 2833:2008 dan SNI Gempa 2833:2016 pada Struktur Jembatan Rangka Baja

Velga C. A. Wirahman, Jaka Propika, Yanisfa Septiarsilia, Wahyono Hadi

Abstract

Peraturan pada SNI mengalami perubahan terbaru. Seperti SNI Gempa 2833:2008 telah disempurnakan menjadi 2833:2016. Untuk mengetahui perbandingan SNI 2833:2008 dan SNI Gempa 2833:2016 pada jembatan dalam beberapa tahap, yaitu preliminary design, perhitungan dimensi bracing, pembebanan pada jembatan, menghitung beban gempa dengan SNI Gempa 2833:2008 dan SNI Gempa 2833:2016, mengetahui hasil output lendutan, periode, baseshear, momen dan geser. Pemodelan jembatan direncanakan menggunakan program SAP 2000 versi 14.2.5. Hasil perbandingan periode 0,003 sec SNI Gempa 2833:2016 lebih kecil dari pada nilai SNI Gempa 2833:2008. Perbandingan nilai maximum lendutan SNI 2833:2008 lebih kecil dari pada SNI 2833:2016 memiliki perbandingan 2mm. Hasil perbandingan baseshear untuk nilai static x dan y arah x memiliki perbedaan sebesar 13 KN SNI Gempa 2833:2008 lebih besar SNI Gempa 2833:2016, untuk nilai static x dan y arah y memiliki perbedaan sebesar -2 KN SNI Gempa 2833:2008 lebih kecil SNI Gempa 2833:2016, untuk nilai dinamic x memiliki perbedaan sebesar 2110 KN SNI Gempa 2833:2008 lebih kecil SNI Gempa 2833:2016, untuk nilai dinamic y memiliki perbedaan sebesar 185KN SNI Gempa 2833:2008 lebih kecil SNI Gempa 2833:2016. Hasil perbandingan maximum momen sebesar 25 kn SNI Gempa 2833:2016 lebih kecil dari pada nilai SNI Gempa 2833:2008. Hasil perbandingan maximum lendutan sebesar 6Kn SNI Gempa 2833:2016 lebih kecil dari pada nilai SNI Gempa 2833:2008.

Keywords

Perbandingan Beban Gempa; static-dinamic; jembatan rangka baja; lendutan; baseshear; momen

Full Text:

PDF

References

(2016). Pembebanan untuk jembatan.

(2008). Standar perencanaan ketahanan gempa untuk jembatan.

(2016). Perencanaan jembatan terhadap beban gempa.

Arifi, E., Suseno, H., Hidayat, M. T., Grahadika, H. E., Timur, J., Teknik, J., & Universitas, S. (2016). JEMBATAN RANGKA BAJA. 10(3), 187–193.

Fitriyah, D. K. (2019). Modifikasi Jembatan Mataraman II Malang Menggunakan Struktur Gelagar Beton Bertulang. Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil, 4(1), 13. https://doi.org/10.53712/rjrs.v4i1.613

Istiono, H., & Susanti, E. (2020). Pola Keruntuhan Jembatan Rangka Menerus Tipe Waren. Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil, 3(2), 73–80. https://doi.org/10.35334/be.v3i2.1169

Propika, J., & Septiarsilia, Y. (2016). Re-Design Jembatan THP dengan Sistem Box Girder Segmental.

Septiarsilia, Y., Fitriyah, D. K., & Propika, J. (2020). Perencanaan Struktur Jembatan Sumber Sari , Kutai Barat , Kalimantan Timur dengan Sistem Busur Baja.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.