Evaluasi Kapasitas Tampung IPAL RSUD Sidoarjo

Beni Jalasena Nararya, Dyan Eka Nurhayati, Jenny Caroline, Dewi Kusumaningrum, Arintha Indah Dwi Syafiarti, Achmad Chusnun Ni'am

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang terjadi pada suatu wilayah akan diikuti oleh perkembangan kebutuhan sarana di bidang kesehatan, salah satunya rumah sakit. Kualitas sarana dan prasarana di bidang kesehatan perlu dijaga agar sesuai dengan peraturan yang berlaku. Salah satu sarana penunjang yang harus ada pada rumah sakit adalah sistem pengolahan limbah medis. Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo memliki sistem IPAL yang dibangun di tahun 2007 dan memliki luas 128 m2, dengan kapasitas tampung sebesar 157,45 m3 dengan volume limbah cair adalah 189,26 m3. IPAL RSUD Sidoarjo terdiri dari bak ekualisasi hingga bak sampling yang memiliki kapasitas tampung belum sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sehingga dilakukan evaluasi kapasitas tampung bak IPAL menjadi berkapasitas 264,63 m3 dengan total volume limbah yang didesain akan tertampung sebesar 208,19 m3.

Keywords

IPAL; tampungan; limbah

Full Text:

PDF

References

Menteri Kesehatan. 2019. “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 7.”

Mere, Yohanes Jaka. 2021. “Prediksi Air Limbah Domestik (Kelola Swadaya Masyarakat Hidup Sehat) Ipal Komunal, Desa Kebon Ayu Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat.” Jurnal Sosial Sains dan Teknologi 1(2):88–92.

Safriani, Meylis, and Cut Suciatina Silvia. 2018. “Studi Perencanaan Bangunan Ipal Di Desa Blang Beurandang, Kabupaten Aceh Barat.” Jurnal Teknik Sipil dan Teknologi Konstruksi 4(1).

SNI. 2006. “Pedoman Perencanaan Drainase Jalan.”

Supardi, Sudarman, Ilham Syafei, and Hamsir. 2020. “Evaluasi Sistem Perencanaan Pengolahan Limbah Cair Domestik Pada Vidaview Apartemen Dengan Sistem Extended Aeration.” Jurnal Teknik Sipil MACCA 5(3):242–51.

Suripin. 2004. Sistem Drainase Perkotaan Yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Suyono, Sosrodarsono, and Takeda Kensaku. 2003. Hidrologi Untuk Pengairan. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Triatmodjo, Bambang. 2019. Hidrologi Terapan. Yogyakarta: Beta Offset.

Umar, Fitrawan, and Sitti Zulaeha. 2020. “Desain Perencanaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Menggunakan Proses Biofilter ‘Up flow’ di Rumah Sakit Pendidikan Unismuh Makassar.” Jurnal LINEARS 3(1):32–37.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.