Hubungan Volume, Kecepatan, Kepadatan Dengan Metode Greenshields dan Greenberg pada Ruas Jalan Ahmad Yani Sidoarjo

Rahmanita Nuzula, Mutiara Firdausi, Yustia Wulandari Mirzayanti

Abstract

Kondisi lalu lintas ruas Jalan Ahmad Yani Kabupaten Sidoarjo merupakan jalan perkotaan dengan tingkat penggunaan mobilitas yang tinggi dan beberapa faktor lain yang dapat memicu permasalahan kemacetan sehingga perlu diatasi. Dalam upaya mengatasinya dilakukan analisis terhadap hubungan matematis antar karakteristik lalu lintas yakni volume (flow), kecepatan (speed), kepadatan (density). Metode yang digunakan adalah metode Greenshields dan Greenberg. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui metode yang tepat untuk hubungan antar karakteristik lalu lintas dalam bentuk pemodelan matematis. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan  metode yang sesuai untuk diterapkan adalah metode Greenberg, dengan pemodelan untuk Weekend yakni model hubungan kecepatan dan kepadatan µs = 11,695 · ln · (1496,220/k); hubungan volume dan kecepatan q = µs · 1496,220 · exp (-µs / 11,695); hubungan volume dan kepadatan q = 11,695 · k · ln (1496,220 / k), dan pemodelan untuk Weekdays yakni model hubungan kecepatan dan kepadatan µs = 10,142 ·  ln · (1841,828 / k); hubungan volume dan kecepatan q = µs · 1841,828 · exp (-µs / 10,142); hubungan volume dan kepadatan q = 10,142 · k · ln (1841,828 / k). Hasil tersebut didapatkan dari mengkaji nilai r2 yang lebih unggul antara dua metode yang digunakan. Metode Greenberg ditetapkan sebagai metode yang terpilih dikarenakan memiliki nilai koefisien determinasi  yang lebih unggul dengan nilai r2 = 0,9276 dengan prosentase 92,76% untuk Weekend, serta nilai r2 = 0,9224 dengan prosentase 92,24% untuk Weekdays, prosentase tersebut valid dapat menggambarkan tingkat pengaruh antar hubungan volume, kecepatan dan kepadatan di ruas Jalan Ahmad Yani Kabupaten Sidoarjo. 

Keywords

volume; kecepatan; kepadatan; Greenshields; Grennberg

Full Text:

PDF

References

Firdausi, Mutiara. 2021. Analisis konflik yang berpotensi menyebabkan kecelakaan pada simpang tak bersinyal (studi kasus: persimpangan jalan raya Rungkut Menanggal–Jalan Kyai Abdul Karim Kota Surabaya). Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan 9

Abdi, N. G., Priyanto, S., & Malkamah, S. 2019. Hubungan Volume Kecepatan dan Kepadatan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Padjajaran (Ring Road Utara), Sleman. Jurnal Teknisia, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 24(1): 1-64. https://acadstaff.ugm.ac.id.

Ariadi., M. Isya., & Irin, C. 2016. Analisis Hubungan Antara Volume, Kecepatan dan Kepadatan Lalu Lintas (Studi Kasus : Jembatan Lamnyong, Jalan Teuku Nyak Arief Banda Aceh). Jurnal Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala, 5(3): 279-290. https://www.unsyiah.ac.id.

Juanda, Ari., Muhammad, I., & Noer, F. 2019. Hubungan Volume, Kecepatan dan Kepadatan dengan Model Greenshields, Greenberg, dan Underwood pada Ruas Jalan Luar Kota Kawasan Gunung Geuruttee. Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan, 2(4): 287-294. https://doi.org/10.24815/jarsp.v2i4.14945.

Putranto, Leksmono Suryo. 2016. Rekayasa Lalu Lintas. Edisi Ketiga. Indeks. Jakarta.

Sanjaya, Yudi., Kamaluddin, L., & Marwan, L. 2017. Hubungan Volume, Kecepatan dan Kepadatan terhadap Kinerja Ruas Jalan. JCEBT (Journal of Civil Engineering, Building and Transportation), 1(1): 54-61. https://ojs.uma.ac.id/index.php/jcebt.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.