Analisis Produktivitas Tenaga Kerja terhadap Pekerjaan Pondasi dengan Sampling Method

Putra Pamungkas, Siti Choiriyah, Ni Luh Putu Hariastuti

Abstract

Tenaga kerja mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan produktivitas karena pada dasarnya peralatan dan teknologi produksi merupakan hasil karya manusia. Suatu proyek yang didukung oleh sumber daya manusia yang baik baik kualitas maupun produktivitasnya akan berhasil. Untuk mengukur produktivitas tenaga kerja pekerjaan pondasi, data dikumpulkan secara acak. Tahapan penelitian meliputi metode sampling kerja dengan menentukan jumlah observasi yang diperlukan, menguji homogenitas data, menentukan alokasi waktu pekerjaan pondasi, dan menghitung standar waktu kerja. Nilai produktivitas tenaga kerja dapat dilihat dari perhitungan waktu standar yang menggambarkan pekerja dalam kondisi standar. Hasil analisis sampling pekerjaan menunjukkan bahwa pekerjaan pondasi adalah71.124 menit/m3. Sedangkan alokasi waktu pekerja pada pekerjaan pondasi sebesar 85,87%. Koefisien tenaga kerja untuk pekerjaan pondasi 1m3 adalah 0,382 untuk tukang bangunan dan 0,254 untuk hari kerja, sedangkan pekerjaan pondasi memerlukan waktu 10 hari.

Keywords

produktivitas; tenaga kerja; pengambilan sampel kerja

Full Text:

PDF

References

Ervianto, Wulfram I. 2002. Manajemen Proyeksi Konstruksi. Yogyakarta.

SOEHARTO, IMAN. 1995. MANAJEMEN PROYEK: DARI KONSEPTUAL SAMPAI OPERASIONAL. Jakarta: Erlangga.

SUTALAKSANA, Iftikar Z., Ruhana ANGGAWISASTRA, and Jann H. JAKRAATMADJA. 2006. Teknik Perancangan Kerja - Manajemen Produksi. 2nd ed. Bandung: ITB PRESS.

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. 8th ed. Jakarta: Kencana.

Tamamengka, Jan, Pingkan A. .. Pratasis, and D. R. O. Walangitan. 2016. “Analisis Tenaga Kerja Terhadap Produktivitas Pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus : Rehabalitasi Dan Perluasan Rumah Dinas Rektor Unsrat).” Tekno 14(65):11–18.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.