Analisis Karakteristik dan Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas pada Ruas Jalan Mastrip Kota Surabaya

Achmad Irfan, Mutiara Firdausi, Evi Yuliawati

Abstract

Jalan Mastrip Surabaya merupakan jalan arteri sekunder yang menjadi gerbang keluar masuknya kendaraan dari luar atau dalam Kota Surabaya. Sibuk dan padatnya Jalan Mastrip turut menjadi penyumbang kasus kecelakaan lalu-lintas tertinggi. Penyebab tingginya kecelakan dikarenakan adanya faktor kendaraan berat, kurangnya konsentrasi pengemudi, pelanggaran pada pengguna jalan, dan sebagainya. Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini untuk mengatasi hal tersebut, diantaranya yaitu menganalisis dan menguji hipotesis jumlah kejadian kecelakaan dengan beberapa faktor menggunakan metode One Way – ANOVA dan metode Angka Ekuivalen Kecelakaan (AEK) serta menggunakan statistik kendali mutu sebagai kontrol chart Upper Control Limit (UCL) utuk mengetahui lokasi blackspot. Hasil analisis menunjukkan jenis kendaraan sepeda motor, gender laki-laki, tipe tabrak samping dengan tingkat keparahan luka ringan menjadi karakteristik yang paling dominan. Segmen 4+000, 3+200, dan 4+700 merupakan blakspot dengan kasus kecelakaan tertinggi. Uji hpotesis dengan One Way – ANOVA membuktikan faktor waktu dan lokasi kejadian kecelakaan memberikan hasil sama identik, sedangkan faktor jenis kendaraan, jenis kelamin pelaku, dan tipe tabrakan memberikan hasil berbeda nyata (berpengaruh terhadap kejadian kecelakaan). Tingginya angka kecelakaan di ruas Jalan Mastrip didominasi oleh kurangnya kewaspadaan pada pengendara. Alternatif penanggulangan pada blackspot yaitu mengaplikasikan pita penggaduh, penambahan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas pada persimpangan besar, dan pemberian rambu peringatan persimpangan, penambahan rambu peringatan lokasi rawan kecelakaan.

Keywords

Karakteristik; Blackspot; Kecelakaan lalu-lintas; One Way-ANOVA

Full Text:

PDF

References

Firdausi. Mutiara, 2021. Analisis konflik yang berpotensi menyebabkan kecelakaan pada simpang tak bersinyal (studi kasus: persimpangan jalan raya Rungkut Menanggal–Jalan Kyai Abdul Karim Kota Surabaya). Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan 9

Firdausi. Mutiara, 2020. Karakteristik dan Bangkitan Perjalanan Pada Kawasan Perumahan UKA Kecamatan Benowo Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan 1

Widyastuti. Hera, “Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas: Studi Kasus Beberapa Jalan Di Kota Surabaya,” 2018.

Presiden Republik Indonesia,“Undang-undang Republik Indonesia No.22 . Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” 2009.

Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah,“Pd T-09-2004-B. Tentang Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas. Jakarta: Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah,” 2004.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.