Modifikasi Struktur Jembatan Pranti Pada Ruas Jalan Tol KLBM (Krian–Legundi–Bunder–Manyar) Seksi I Kabupaten Gresik dengan Menggunakan Sistem Busur Rangka Baja

Muhammad Anas Asshiddiqi, Dita Kamarul Fitriyah, Yanisfa Septiarsilia

Abstract

Jembatan Pranti terletak pada Ruas Jalan Tol KLBM (Krian – Legundi – Bunder – Manyar) Seksi I Kabupaten Gresik. Jembatan Pranti merupakan jembatan beton pratekan dengan struktur atas Jembatan Pranti yang ditopang oleh 2 abutment pada bagian sawah dan 2 pilar pada bagian badan jalan. Dalam perencanaan ini, Jembatan Pranti dimodifikasi menjadi jembatan busur rangka baja dengan tipe Through Arch untuk menghilangkan 2 pilar yang ada pada badan jalan. Jembatan didesain dengan bentang 90 m, tinggi busur 17 m, tinggi tampang 3,5 m, dan lebar 10 m. Perhitungan yang dilakukan dalam perencanaan menggunakan peraturan SNI 1725:2016, SNI 2833:2016, SNI 2847:2013, RSNI T-03-2005, RSNI T-12-2004. Program bantu yang digunakan adalah SAP2000 untuk analisa struktur dan AutoCAD untuk gambar perencanaan. Dari hasil perhitungan didapatkan tebal pelat lantai 20 cm, dimensi profil ikatan angin terbesar CHS 273x10, dimensi profil rangka utama terbesar Box 600x600x25, dimensi kolom dan balok portal akhir Box 500x500x25, diameter kabel penggantung 60 mm, perletakan tipe POT bearing. Pondasi berupa Spun Pile sebanyak 30 buah sedalam 42 meter. pada tiap abutment.

Keywords

Jembatan Busur Rangka Baja; Through Arch; Pot Bearing; Abutment; Spun Pile.

Full Text:

PDF

References

Badan Standarisasi Nasional. (2016). SNI 1725:2016 Pembebanan untuk Jembatan. In Badan Standarisasi Nasional.

Fitriyah, D. K. (2019). Modifikasi Jembatan Mataraman II Malang Menggunakan Struktur Gelagar Beton Bertulang. Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil, 4(1), 13. https://doi.org/10.53712/rjrs.v4i1.613

Glvhuwdl, S., & Vhedjdl, D. (2017). 3Huhqfdqddq 0Rglilndvl 5Dqjnd %Xvxu %Dmd Sdgd -Hpedwdq 3Hpdol Glvhuwdl ’Dpshu Vhedjdl /Rqjlwxglqdo 6Wrsshu. 6(1), 3–7.

Hakikie, P. N., & Wahyuni, E. (2017). Perencanaan Ulang Jembatan Lemah Ireng II pada Jalan Tol Semarang-Bawen Menggunakan Jembatan Busur Rangka Baja. Jurnal Teknik ITS, 6(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v6i2.25682

Istiono, H., & Susanti, E. (2020). Pola Keruntuhan Jembatan Rangka Menerus Tipe Waren. Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil, 3(2), 73–80. https://doi.org/10.35334/be.v3i2.1169

Prasmoro, R., Masiran, H. S., & Wahyuni, E. (2017). Modifikasi Jembatan Sembayat Baru II Menggunakan Sistem Jembatan Busur Rangka Baja. Jurnal Teknik ITS, 6(1). https://doi.org/10.12962/j23373539.v6i1.21505

Propika, J., & Septiarsilia, Y. (2016). Re-Design Jembatan THP dengan Sistem Box Girder Segmental.

Septiarsilia, Y., Fitriyah, D. K., & Propika, J. (2020). Perencanaan Struktur Jembatan Sumber Sari , Kutai Barat , Kalimantan Timur dengan Sistem Busur Baja.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.