KONSEP BANGUNAN PINTAR DALAM PERANCANGAN FASILITAS PERKEBUNAN VERTIKAL DI KOTA METROPOLITAN SURABAYA

Ahmad Yusuf, Failasuf Herman Hendra, Siti Azizah

Abstract


Surabaya merupakan salah satu kota metropolitan yang ada di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi di Surabaya yang signifikan pesat serta banyaknya sarana-prasarana menjadikan kota Surabaya sebagai pusat perekonomian di Jawa Timur. Hal tersebut mengakibatkan keberadaan lahan kosong di Surabaya yang semakin terbatas yang mengakibatkan aktivitas perkebunan secara konvensional tidak mungkin dilakukan. Inovasi diperlukan guna menyikapi kondisi tersebut, salah satunya adalah dengan mengembangkan perkebunan vertikal yang dipadukan dengan teknologi modern saat ini. Teknologi modern diperlukan dalam hal ini untuk meningkatkan produksi serta efisiensi waktu. Selain itu pemanfaatan teknologi modern juga dapat meningkatkan nilai jual produk karena produk akan memiliki kualitas tinggi[1]. Penggunaan teknologi modern dalam bangunan ini harus disertai adanya keseimbangan energi dalam operasional bangunan. Keseimbangan antara energi yang dikeluarkan dan energi yang dihasilkan dalam bangunan[2].

Full Text:

PDF

References


S. Azizah, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI PADA PRODUK UNGGULAN UNTUK MENDUKUNG CITRA KAWASAN,” J. PEMBELAJARAN Fis. Vol 4 No 5 Pros. Semin. Nas. Pendidik. Fis. 2016, May 2016, [Online]. Available: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3707.

D. P. E. Laksmiyanti, P. F. Nilasari, and F. H. Hendra, Desain Tanggap Iklim. Surabaya, 1377.

N. Widyawati, Urban farming : gaya bertani spesifik kota. Yogyakarta: Andi Publisher, 2013.

M. Hanum and M. Chairul, “EFISIENSI_ENERGI_PADA_„ SMART_BUILDING? _UNTUK_ARSITEKTUR_MASA_DEPAN.pdf.” Fakultas Teknik Sriwijaya, Palembang, 2011.

R. B. Ricks and H. J. Cassidy, “Housing and Monetary Policy.,” J. Finance, 1972, doi: 10.2307/2978702.

J. Steele, Sustainable Architecture: Principles, Paradigms, and Case Studies. New York: McGraw-Hill, 1997.

R. Vedayanti, N. Suryasari, and A. M. Ridjal, “Efisiensi dan Efektivitas Tata Ruang Area Pahat pada Perancangan Pusat Pelatihan Seni Ukir di Jepara,” Arsitektur.Studentjournal.Ub.Ac.Id, [Online]. Available: www.jeparakab.go.id,.

F. L. Wright, ORGANIC ARCHITECTURE LANGUAGE OF AN ORGANIC ARCHITECTURE. Los Angeles: Spring Green, Wisc, 1953.

H. Schnädelbach, “Adaptive Architecture: A Conceptual Framework,” Proc. MediaCity 2010, no. August, pp. 532–555, 2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Katalog Buku Karya Dosen ITATS