STUDI NUMERIK PADA MOBIL YRS 4 DOOR SEDAN DENGAN VARIASI MODEL REARSPOILER

Syamsuri Syamsuri, Hasan Syafik Maulana, Nur Fatowil, Ilham Bagus Dwi Cahyono

Abstract


Saat ini negara berkembang di dunia, banyak membuat teknologi-teknologi yang semakin modern. Dengan teknologi modern banyak peralatan dan perangkat yang sedang dikembangkan terutama aksesoris/perangkat tambahan pada kendaraan. Pada kendaraan direkayasa untuk membawa artistik dan peningkatan penampilan. Suatu kendaraan bermotor dibentuk dengan memenuhi standar kelayakan, baik dari segi mesin, ukuran, bodi sampai unsur aerodinamika.
Mobil yang dimodifikasi pada bagian belakang dengan menambahkan spoiler, memiliki fungsi sebagai penyeimbang/pemberat pada saat mobil melaju dengan kencang. Ketika melaju dengan kecepatan tinggi, sebuah mobil akan secara tidak langsung terangkat dari tanah. Untuk menghindari mobil terangkat dan menjadi lepas kendali maka dipasanglah spoiler. Spoiler ini tidak berat sehingga tidak memberikan pengaruh yang signifikan ketika mobil dalam kecepatan normal. Cara kerja dari spoiler adalah dengan memanfaatkan tekanan angin yang akan menekan bodi belakang dari mobil ke bawah sehingga mobil tidak terangkat ketika melaju dengan kecepatan tinggi terutama saat menikung. Dibutuhkan perhitungan yang tepat untuk kasus ini dan diperlukan uji aerodinamika pada mobil sebelum mobil bisa di produksi secara massal dan kemudian disebarluaskan. Solusi untuk uji aerodinamis menggunakan simulasi komputasi numerik atau ComputationalFluidDynamic(CFD) untuk mengetahui pengaruh rearspoiler pada mobil.

Full Text:

PDF

References


Xu-xia Hu, Eric T.T. Wong. 2011. A Numerical study onrear-spoilerofpassengervehicle, worldacademyofscience, engineeringandtechnology, International JournalofMechanicalandMechatronics Engineering, Vol: 5, No: 9, pp.1800-1805.

S.M. Rakibul Hassan, Toukir Islam, Mohammad Ali, Md. Quamrul Islam. 2014.Numerical study onaerodynamicdragreductionofracingcars,Procedia Engineering 90 pp. 308 – 313.

Xingjun HU, Rui ZHANG, Jian YE, Xu YAN, Zhiming ZHAO. 2011. Influenceofdifferentdiffuserangleonsedan’saerodynamiccharacteristics, PhysicsProcedia 22, pp.239 – 245.

MahmoudKhaled, Hicham El Hage, FabienHarambat, Hassan Peerhossaini. 2012. Someinnovativeconceptsforcardragreduction: A parametricanalysisofaerodynamicforceson a simplifiedbody, J. Wind Eng. Ind. Aerodyn. 107–108, pp. 36–47.

KrzysztofKurec , Micha Remer , Tobiasz Mayer , SylwesterTudruj , JanuszPiechna. 2018. Flowcontrolfor a car-mountedrear wing,International JournalofMechanicalSciences, pp.1 – 34. https://doi.org/10.1016/j.ijmecsci.2018.12.034

KrzysztofKurec, MichalRemer, JanuszPiechna 2019. The influenceofdifferentaerodynamicsetupsonenhancing a sportscar’s, International JournalofMechanicalSciences 164, 105140. https://doi.org/10.1016/j.ijmecsci.2019.105140.

A.Anish, Suthen.P.G, Viju.M.K. 2017. Modellingandanalysisof a carforreducingaerodynamicforces, International Journalof Engineering Trends& Technology (IJETT),Vol.47, number 1,pp.1-16.

M.J. Chern, S Syamsuri. 2012. Effectofcorrugatedbedonhydraulicjumpcharacteristicusing SPH method,JournalofHydraulic Engineering 139 (2), pp. 221-232.

Syamsuri,. 2016. Characteristicsofdecompression tank internallypressurizedwithwaterusingopenfoam,AppliedMechanicsand Materials 836, pp. 3-8.

NI Riani, S Syamsuri, RR Pratama,. 2017.Simulasi numerik aliran melewati nozzle padaejectorconverging–diverging dengan variasi diameter exitnozzle, REM (Rekayasa Energi Manufaktur) Jurnal 2 (1), pp. 19-23.

S Syamsuri, MH Syafik, YP Iswanto. 2018. Study theeffectofangleofattackonflowcharacteristicsatracingbikehelmetusing CFD, MATEC Web ofConferences 204, 06001.

Syamsuri, Ming-Jyh Chern, Nima Vaziri,. 2019. Effectofporous media onhydraulicjumpcharacteristicsbyusingsmoothparticlehydrodynamicsmethod, Internasional Journal of Civil Engineering,pp


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Katalog Buku Karya Dosen ITATS