Konsep Klaster pada Tatanan Lahan SMP dan SMA Islam Terpadu

Mochammad Arief Abdul Jabbar, Nareswarananindya Nareswarananindya, Ika Ratniarsih

Sari


Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia di lingkungan masyarakat. Bertambahnya jumlah penduduk dapat memungkinkan terjadinya peningkatan sarana dan prasana yang ada. Merakurak merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban dengan jarak orbit dari kabupaten ± 10 m dengan luas wilayah 103,77 km. Kecamatan Merakurak ini terdiri dari 19 desa dengan jumlah penduduk 62.182 dengan jumlah K.K. 18.643. Dari data yang telah diperoleh jumlah sarana sekolah ditingkat SMA hanya terdapat 2 instansi yang berda di kawasan Merakurak. Penambahan jumlah sarana pendidikan SMA dirasa perlu sebagai fasilitas tempat pendidikan yang sangat penting di masa mendatang. Menyikapi pertumbuhan akan penduduk, penelitian ini bertujuan memberi tambahan sarana dan Prasarana pendidikan SMP dan SMA di kecamatan Merakurak. Penataan tatanan lahan pada sekolah harus didesain sesuai dengan kebutuhan serta aktifitas penghuni yang akan beraktifitas di dalamnya. Sarana pendidikan ini dimaksudkan untuk mewadahi aktifitas belajar mengajar bagi anak usia 13-18 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dan literatur dengan analisis deskriptif. Konsep mikro claster pada desain tatanan lahan sekolah SMP dan SMA Islam Terpadu ini untuk membagi zona tiap bangunan serta area yang dapat digunakan bersama. Pembagian claster pada konsep ini mengikuti fungsi dari setiap bangunan seperti membagi area SMP dan SMA serta area bersama. Manfaat dari desain ini adalah sebagai penataan kawasan dilingkup sekolah SMP dan SMA dengan tujuan mengfasilitasi siswa di Kecamatan Merakurak.

Kata Kunci


Tuban; Sekolah; Klaster

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AS, Z., & Hildayanti, A. (2018). INTEGRASI KONSEP ARSITEKTUR ISLAM PADA RUMAH ADAT SAORAJA LAPINCENG DI KABUPATEN BARRU. nature, 5(1), 1-12.

Irawan, R. F., Sumaryoto, & Muqoffa, M. (2019, Januari). PENERAPAN ARSITEKTUR ISLAM PADA PERANCANGAN ISLAMIC CENTER KABUPATEN BREBES. Jurnal SENTHONG, 2(1), 301-310.

JSIT. (2016). Pengertian Sekolah Islam Terpadu. Retrieved November 27, 2022, from jsit-indonesia: https://jsit-indonesia.com/sample-page/pengertian-sekolah-islam-terpadu/

Kementrian Pendidikan. (2022). Data Pokok Pendidikan. Retrieved September 2022, from dapo.kemdikbud: https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/2/050600

Kosilah, & Septian. (2020, Nopembe). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ASSURE DALAM. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1139-1148.

Megasari, R. (2014, juni). PENINGKATAN PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 636-648.

MUNTAHIR, B. (2021, januari). LAPORAN KINERJA INSTANSI PEMERINTAH 2020. ( L K j I P ), pp. 1-77.

Pratama, M. R., Ernawati, A., & Yulistiana. (2018, januari). PERANCANGAN PONDOK PESANTREN MODERN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR MODERN DI DEPOK. JURNAL DESAIN, 5(2), 61-73.

Rahayu, M. K., Widjajanti, W. W., & Sulistyo, B. W. (2019). Rancangan Kompleks Taman Budaya Kalimantan Timur dengan Langgam Neo Vernacular di Kota Samarinda. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan VII, 341-348.

Rahayu, S. M., & Sutama. (2015, Desember). PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Varia Pendidikan, 27(2), 123-129.

Sistem Informasi Tata Ruang Jawa Timur. (2022). Sistem Informasi Tata Ruang Jawa Timur. Retrieved from jatim-pintar: https://jatim-pintar.com/webgis/main

Sofanudi, A., Prihastuty, R., & Ibda, H. (2021). POLA ASUH PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH. Dialog, 44(1), 89-99.

Sujana, I. C. (2019, April). FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Wicaksono, M. R., & Prayogi, L. (2020, juni). KAJIAN ARSITEKTUR MODERN PADA PRASARANA. Jurnal Arsitektur Zonasi, 3(2), 252-260.

yana, A., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019, Februari ). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. Jurna Buana Pengabdian, 1(1), 66-72.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.tekstur.2022.v3i2.3347

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.