Penerapan Arsitektur Berwawasan Lingkungan pada Desain Ruang Luar Wahana Wisata Berkuda Panahan di Gresik

Kurnia Indatur Rofida, Esty Poedjioetami, Firdha Ayu Atika

Sari


Islamic Lifestyle semakin digandrungi masyarakat muslim di Indonesia. Munculnya istilah ini sebagai pengganti istilah New Normal di era pandemi. Sebenarnya Islam telah mengajarkan untuk menegakkan agama dan gaya hidup sehat. Salah satunya dibidang olah raga, yang dianjurkan yaitu berlari, berenang, berkuda dan panahan. Kabupaten Gresik merupakan kawasan wisata di Kota Santri yang mayoritas masyarakatnya beragama Islamyang mulai menerapkan Islamic lifestyle. Terdapat beberapa tempat berkuda dan panahan yang sudah ada di Kabupaten Gresik, salah satunya adalah di Kalimireng. Di tempat ini fasilitas dan penataan ruang luar yang tersedia sangat minim, hal ini menyebabkan kurang menjadi daya tarik pengunjung wisata maupun orang yang ingin berlatih. Penerapan arsitektur berwawasan lingkungan pada penataan ruang luar bertujuan untuk menarik minat masyarakat luas dan mewadahi komunitas berkuda dan panahan yang ada di daerah Kabupaten Gresik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode gabungan dengan mendeskripsikan yang telah diamati secara spesifik. Pada desain ruang luar penerapan tema berdasarkan prinsip arsitektur berwawasan lingkungan dari penataan lahan, pemanfaatan potensi alam sekitar dan iklim setempat agar dapat bermanfaat bagi pengunjung sebagai tempat berwisata dan bermanfaat untuk menfasilitasi kegiatan latihan berkuda dan panahan bagi masyarakat yang ingin mencoba serta memfasilitasi para atlet yang berlatih didalam komunitas tersebut.

Kata Kunci


arsitektur berwawasan lingkungan; berkuda; panahan; ruang luar; wahana wisata.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atika, F. A., Poedjioetami, E., Oktafiana, B., Rosilawati, H., & Arsitektur, J. (2022). STUDI KUALITAS RUANG TERBUKA HIJAU DITINJAU DARI PENGAPLIKASIAN DESAIN UNIVERSAL (Studi Kasus : Taman Nginden Intan, Surabaya). Jurnal Arsitektur, 23(1), 2654–4059.

Hardiyanto, S. (2019, January 7). Berkuda dan Panahan, Olahraga Sunah yang Kian Digemari. Jawapos.Com. https://www.jawapos.com/jpg-today/07/01/2019/berkuda-dan-panahan-olahraga-sunah-yang-kian-digemari/

Istiqom, A., Poedjioetami, E., Broto, D., Sulistyo, W., Arsitektur, J., Sipil, T., & Perencanaan, D. (2019). PENERAPAN TEMA ARSITEKTUR BERWAWASAN LINGKUNGAN PADA WISATA EDUKASI GALERI ALAM DI PRIGEN PASURUAN, JAWA TIMUR.

Melanira, A. (2018). STUDI PENATAAN RUANG LUAR PADA PERUMAHAN LEGENDA WISATA, CIBUBUR (Studi Kasus: Perumahan Legenda Wisata Cibubur). ARJOUNA: Architecture and Environtment Journal of Krisnadwipayana, 2(2).

Oktaviani, A., Ars, S., & Si, M. (2022). PENATAAN RUANG LUAR PADA LAPANGAN BANTENG-JAKARTA. In Jurnal Ilmiah Arjouna (Vol. 4).

Ramdan, M. (2020). Rancang Bangun Sistem Monitoring Pergeseran Tanah Longsor Berbasis Internet Of Things. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3191/

Rozhana, K. M. 2019, Juni Tahun, B., Metha Rozhana, K., & Universitas Tribhuwana Tunggadewi, P. (2019). Lesson Study dengan Metode Discovery Learning dan Problem Based Instruction. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, , 1(2), 39–45.

Yuliani, S. and S. W. and W. Y. (2019). Strategi Penataan Kawasan Pantai Klayar Pacitan sebagai Destinasi Pariwisata Berkelanjutan dengan Prinsip Arsitektur Ekologis. RUAS (Review of Urbanism and Architectural Studies), 16(2), 1–12.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.tekstur.2022.v3i2.3336

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.