Arsitektur Industrial sebagai Tema Desain Lapangan Tembak Kodim Bangkalan

Amir Mukmin Rachim, Arief Farakhan, Sigit Hadi Laksono

Sari


Lapangan tembak adalah fasilitas khusus yang dirancang untuk latihan, ujian, atau lomba menggunakan senjata api. Lapangan tembak dapat berada di dalam ruangan ataupun di luar, dan dapat juga dibatasi hanya pada jenis senjata tertentu (misal pistol saja atau senapan gas saja), dan dapat juga dibatasi pada cabang olahraga tertentu. Permasalahan bagaimana cara membuat para penembak atau atlit menembak merasa nyaman pada lapangan tembak Kodim Bangkalan, dan bagaimana cara membuat lapangan tembak yang memenuhi standart. Bagaimana menata fasilitas di dalam lapangan tembak agar evisian. Metode Penelitian kualitatif adalah dilakukan dengan metide survey, wawancara, pengamatan studikasus, korelesi dan sebagainya. Tujuan penelitian Untuk pendekatan dan gambaran mengenai alur berpikir dan memecahkan suatu permasalahan di lapangan tembak Kodim Bangkalan. Hasil dari redesain lapangan tembak Kodim Bangkalan dapat menciptankan lapangan tembak yang layak dan memiliki fasilitas yang lengkap sesuai kebutuhan para penembak di lapangan tembak Kodim Bangkalan. Manfaat dari penelitian lapangan tembak Kodim Bangkalan yaitu bisa lebih mendalami karakteristik lapangan tembak beserta pengguna lapangan tembak Kodim Bangkalan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fadli, F., Sulistyo, B. W., & Hendra, F. H. (2019). Penerapan Tema Arsitektur Metafora Pada Perancangan Museum Peradaban Prasejarah Di Surabaya. Prosiding Seminar Teknologi …, 3(3), 7–10. https://ejournal.itats.ac.id/stepplan/article/view/746%0A

https://ejournal.itats.ac.id/stepplan/article/downl oad/746/643

Komunikasi, I., Sidoarjo, U. M., Durkheim, E., Marx, K., Mill, J. S., & Jurnal, R. (2011). Review Jurnal. 1–4.

Maulida, A. N., & Heldiansyah, J. (2020). Lapangan Tembak Wasaka Di Banjarmasin. Lanting Journal of Architecture, 9(1), 113–121. https://doi.org/10.20527/lanting.v9i1.550

Mazaya, U., & Setyawan, W. (2016). Arsitektur Untuk Membantu Menyembuhkan Kerusakan Psikis Pada Manusia. Jurnal Sains Dan Seni , 5(2), 50–54.

Nasir, M., & Suheri, A. (2016). Pembuatan Simulasi Tembak Reaksi Menggunakan Teknologi Virtual Reality. E-Jurnal. Universitas Suryakencana Cianjur, Cianjur., 8(1), 1–8. https://jurnal.unsur.ac.id/mjinformatika/article/view/141

Pratama, R., & Hantono, D. (2021). Kajian Konsep Arsitektur Industrial Pada Bangunan Lei Lo Restoran. November, 1–7.

Prayoga, M. A., Budiyuwono, H., & Prajudi, R. (2018). Tata Ruang Dalam Rumah Sederhana T-54 Perumahan Kedung Badak Baru Bogor Ditinjau Dari Pencahayaan. ARTEKS, Jurnal Teknik Arsitektur, 2(2), 137. https://doi.org/10.30822/artk.v2i2.149

Selatan, K., Arsitektur, P. S., & Petra, U. K. (2017). Fasilitas Pelatihan Olahraga Menembak di. V(1), 609–616.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.tekstur.2022.v3i1.2955

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.