Konsep Arsitektur Post Modern pada Perancangan Mall Pelayanan Publik di kota Malang Jawa Timur

Risang Rizky Fajar Pratiwi, Randy Pratama Salisnanda, Suci Ramadhani

Sari


Pemerintah terus berkomitmen dalam meningkatkan pelayanan publik. Salah satunya dengan membuat terobosan membangun Mal Pelayanan Publik (MPP) yang tersebar di beberapa tempat di Indonesia. Temuan Ombusdman 2017 memberikan penilaian terhadap Pelayanan publik di Kota Malang yang belum maksimal dan perlu ditingkatkan. Oleh karena itu di buatlah Mall Pelayanan Publik di Kota Malang Jawa Timur dengan tema Intergrasi SuperBlok sebagai upaya pemerintah dalam mempercepat, transparansi dalam birokrasi maupun untuk mencegah adanya korupsi di lingkungan pemerintahan, maka itu terwujud bila memiliki sarana, prasarana dan fasilitas penunjang untuk pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian langsung dalam upaya pemahaman proyek dengan melakukan studi kasus lapangan dan studi kasus literatur. Tema rancangan yang dipilih dalam Perencanaan dan Perancangan Mall Pelayanan Publik Kota Malang pada penelitian ini adalah Intergrasi Super Block dengan konsep makro adalah Arsitektur Post Modern yang terdiri dari aspek tatanan lahan, aspek bentuk, dan aspek ruang. Konsep makro yang digunakan adalah indetifikasi hubungan sifat khas suatu benda dengan desain. Untuk penataan lahan menerapkan konsep sirkulasi terarah, sehingga konsep dari penataan lahan ini sesuai dengan tema yang di terapkan pada rancangan ini. Dengan memasukan elemen-elemen arsitektur tradisional pada bentuk bangunan rumah joglo dan motif batik Jawa Timuran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad, F., Susilo, G. A., & Iqbal, M. N. (2021). Mal Pelayanan Publik Di Kota Malang Tema: Arsitektur Modern. Pengilon: Jurnal Arsitektur, 495–516. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/pengilon/article/view/4346%0Ahttps://ejournal.itn.ac.id/index.php/pengilon/article/download/4346/2944

Agustina, Y., Hendra, F. H., & Laksono, S. H. (2021). Perancangan Pusat Seni dan Budaya Jawa Pasca Pandemi di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Tekstur (Jurnal Arsitektur), 2(2), 123–132. https://doi.org/10.31284/j.tekstur.2021.v2i2.1917

Agung Setyawan. (2010). Superblok Sebagai Pengembangan Permukiman Universitas Indonesia.

Ching, Francis. D. K. (1943). Architecture: Form, Space, and Order, Second Edition. United States of America: John Wiley & Sons Inc.

Ching, Francis D. K.,(1999) Arsitektur : Bentuk, Ruang dan Susunannya (terjemahan), Erlangga, Jakarta.

Davies, John. (1988). High Tech Architecture, Rizzoli Internat ional Publicat ions, Incorporated

Fajrine, G., Purnomo, A. B., & Juwana, J. S. (2017, October). Penerapan Konsep Arsitektur Neo Vernakular Pada Stasiun Pasar Minggu. In Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan (pp. 85-91).

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. In XI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Perda Kabupaten Rembang. RTRW Kabupaten Rembang. Dinas Perhubungan dan Pariwisata Rembang

Muhammad Ridho Pratama. (2019) Perancangan Fasilitas Pelayanan Publik Terpadu Pada Bangunan Mix-Used, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Noberti, M., Rachim, A. M., Widjajanti, W. W., & Arsitektur, J. (2021). Tema Neo-Vernakular pada Konsep Desain Pusat Busana Adat Dayak Kalbar di Kota Pontianak. Tekstur (Jurnal Arsitektur), 2(2), 167–174.

Prameswari, Bernadette H dan Ardianta, Defry A, (2016). Arsitektur dan teori Multiple Intelligences

Sebagai Pemicu Kreativitas Jurnal Sains dan Seni ITS, vol. 5, no 2, ITS, Surabaya

Rahmawati, Z., Laksono, S. H., & ... (2021). Penerapan Tema Kontemporer pada Gedung Pertunjukan Seni Tari dan Pewayangan Khas Nganjuk Jawa Timur. Tekstur (Jurnal …, 107–114. https://ejurnal.itats.ac.id/tekstur/article/view/1907

Santoso, S. R., & Rachim, A. M. (2020).Konsep Desain Arsitektur Vernakular Untuk Terminal Tipe-B

di sidoarjo. TEKSTUR: journal of architecture and Desain, 1(1), 35-40.

Silaban, F. Arsitek dan Karyanya. (1991) Dalam Konsep dan Karya.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.tekstur.2022.v3i1.2946

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.