Perancangan Komplek Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sepakbola di Kabupaten Gresik dengan Tema Tropis Modern

Sahrul Fahmi Bahtiar, Annisa Nur Ramadhani, Amir Mukmin Rachim

Sari


Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang paling popular pada saat ini. Beberapa wilayah di Indonesia membentuk pemain-pemain sepakbola dimulai dari usia dini, dengan mendirikan akademi sepakbola dan juga pusat-pusat pelatihan sepakbola. Gresik, seperti halnya beberapa kota besar lainnya di Indonesia juga memiliki potensi besar dalam perkembangan sepakbola. Berdasarkan survei yang dilakukan dapat dikatakan bahwa masyarakatnya banyak yang memiliki antusiasme luar biasa pada olahraga ini, sehingga perlu adanya fasilitas latihan sepakbola yang menyediakan sarana lebih lengkap. Pada penerapan pusat pendidikan dan pelatihan sepakbola yang dirancang di Kabupaten Gresik ini diharapkan mampu menyediakan fasilitas yaitu tempat pelatihan, pendidikan, pembinaan, dan penelitian tentang sepakbola sehingga dapat menunjang ekspresi bangunan yang mewadahi adanya sarana-sarana pendidikan agar dapat digunakan oleh para pemain sepakbola untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian bermain sepakbola sehingga mampu meningkatkan prestasi khususnya masyarakat di Kabupaten Gresik dalam bidang sepakbola. Artikel ini dimaksudkan untuk memahami tentang penerapan tema Arsitektur Tropis Modern yang mencakup tatanan lahan, bentuk, ruang dan elemen lainnya pada perancangan pusat pendidikan dan pelatihan sepakbola di Kabupaten Gresik yang dapat beradaptasi dengan kondisi iklim, lingkungan serta desain modern masa kini untuk menyediakan sarana dan fasilitas lengkap sehingga dapat mengakomodasi semua angan-angan mengenai pembinaan dan pengembangan sepakbola khususnya di kabupeten Gresik dan Indonesia.

Kata Kunci


Pendidikan dan Pelatihan; Sepakbola; Tropis Modern

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditya Nugraha Jurusan Arsitektur, R. (2019). Penerapan Tema Arsitektur Tropis Modern Terhadap Bangunan Stasiun Kereta Api Kota Bandung. Repository Tugas Akhir Arsitektur Itenas, 4(9), 1–10.

Ching, F. D. K. (1979). Arsitektur: Bentuk – Ruang dan. Erlangga.

Nareswarananindya, Laksono, S. H., Ramadhani, A. N., Budianto, A., Komara, I., & Syafiarti, A. I. D. (2021). The design concept of bamboo in micro housing as a sustainable self-building material. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1010(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/1010/1/012026

Pembinaan, D. A. N., Muda, P., & Di, P. (2020). Penerapan tema arsitektur modern tropis pada desain pusat pelatihan dan pembinaan pemain muda persebaya di surabaya. Seminar Teknologi Kebumian Dan Kelautan (Semitan II) Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (Itats) Indonesia, 2(ISSN), 645–648.

Ramadhani, A. N., Hayati, A., & Faqih, M. (2019). The Effect of Physical Quality Improvement to Inhabitant’s Sense of Place. EMARA: Indonesian Journal of Architecture, 5(1), 32–40. https://doi.org/10.29080/eija.v5i1.656

Ramadhani Nur, A., & Faqih, M. (2019). Pendekatan Vernakular Kontemporer dalam Desain Pasar Wisata Apung Surabaya di Area Mangrove Wonorejo. Architecture, 5(2), 71–74.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.tekstur.2021.v2i2.1910

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.