Arsitektur High Tech pada Rancangan Gedung Futura Mega Electric Automobile di Surabaya

Afif Awayna, Failasuf Herman Hendra, Randy Pratama Salisnanda

Sari


Surabaya sebagai kota metropolitan membutuhkan solusi permasalahan polusi udara. Penggunaan transportasi listrik sangat mempengaruhi upaya mengurangi polusi udara akibat transportasi konvensional sehingga memberikan dampak yang baik bagi lingkungan. Terkait upaya pengurangan polusi udara akibat transportasi konvensional, maka Perancangan Gedung Futura Mega Electric Automobile di Surabaya yang merupakan bangunan dengan fungsi bisnis, edukasi dan rekreasi sebagai persiapan untuk menyambut kemajuan teknologi transportasi masa depan dan sebagai langkah awal untuk memperkenalkan teknologi transportasi listrik merupakan salah satu gagasan yang sangat menarik. Rancangan High Tech Architecture pada bangunan ini terinspirasi dari bangun mobil listrik yang berorientasi ke masa depan. Perancangan arsitektur bangunan dilakukan melalui serangkaian tahapan mulai dari identifikasi proyek, studi preseden, program rancangan, konsep hingga pengembangan rancangan.   Makro konsep future oriented dipilih berdasarkan korelasi antara judul, fungsi bangunan dan tema sehingga diharapkan dapat memberikan citra bangunan yang berorientasi ke masa depan, selaras dengan fungsi bangunan dan juga tema high tech architecture. Konsep mikro tata lahan menggunakan karakter supporting yang bertujuan untuk menciptakan tatanan lahan yang mendukung fungsi bangunan. Konsep mikro bentuk menggunakan karakter iconic yang bertujuan untuk menciptakan bentukan yang dapat menjadi ikon penanda suatu wilayah dan bervisi ke masa depan. Konsep ruang menggunakan karakter split level yang bertujuan untuk menciptakan ruang kontinyu yang seperti tanpa batas, dan memberikan akses yang mudah dan fleksibel, dikarenakan bangunan memiliki fungsi ruang yang bermacam-macam. Semua hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan penyelesaian terhadap permasalahan yang ada dan merujuk kepada kebutuhan untuk memberikan citra bangunan masa depan.


Kata Kunci


Electric Automobile; High-tech Architecture; future oriented

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Energy Efficiency & Renewable Energy. (2020). Electric Vehicle Basics. Washingon, DC: U.S. Department of Energy. [Diakses dari: https://www.energy.gov/eere/electricvehicles/electric-vehicle-basics. 26 Juli 2020] .

Jenks, Charles (1988). The Battle of High Tech and Great Buildings with Great Faults, Architectural Design

Media Matrasin Vol. 8, No. 2 Agustus 2011. [Diakses dari: https://docplayer.info/48897289-Media-matrasain-vol-8-no-2-agustus-2011.html]

Sistrunk, Bill (2017). What is an automobile?. [Diakses dari: https://www.quora.com/What-is-an-automobile. 26 Juli 2020].




DOI: https://doi.org/10.31284/j.tekstur.2020.v1i2.1089

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.