UJI TOKSISITAS LC50 AIR LIMBAH RESTORAN CEPAT SAJI TERHADAP BIOTA UJI IKAN NILA MELALUI ANALISA PROBABILITAS MENGGUNAKAN SOFTWARE MINITAB

Masriyono Masriyono, Arlini Dyah Radityaningrum, Ro`du Dhuha Afrianisa

Abstract


Restoran cepat saji berkembang pesat di kawasan kota, seperti beberapa restoran cepat saji di wilayah Surabaya Timur. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menentukan nilai Lethal Concentration 50 (LC50) dari air limbah restoran cepat saji. Uji toksisitas akut dilakukan dengan metode statis dalam waktu 48 jam menggunakan hewan uji ikan nila (Oreochromis niloticus). Penelitian ini menggunakan variasi konsentrasi air limbah untuk menentukan nilai konsentrasi yang menyebabkan kematian hewan uji sebanyak 50% dari total. Sebelumnya dilakukan uji pendahuluan Range Finding Test (RFT) untuk menentukan rentang konsentrasi air limbah yang digunakan pada uji toksisitas LC50. Hasil uji RFT menunjukkan bahwa suhu, pH , BOD, DO dan minyak lemak dalam limbah cair rumah makan masing-masing sebesar 28°C, 9,3, 1840 mg/l, 4,15 mg/l, 3235 mg/l. Nilai LC50 konsentrasi minyak dan lemak pada air limbah restoran cepat saji terhadap biota uji ikan nila sebesar 139,3 mg/l. Ikan nila yang telah keracunan minyak dan lemak pada air limbah restoran cepat saji dapat diindikasikan dari ciri fisik ikan nila yang memiliki insang pucat dan mata menonjol keluar. Oleh karena itu, air limbah restoran cepat saji memerlukan pengolahan sebelum dibuang ke badan air penerima untuk mengurangi efek toksik pada biota.

Keywords


Minyak dan lemak, BOD5, ikan nila, uji toksisitas

Full Text:

PDF

References


Anonim, Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2014, 2014.

Anonim, SNI 6139:2009, Standar Nasional Indonesia Produksi Induk Ikan Nila Hitam (Oreochromis niloticus bleeker) Kelas Induk Pokok, Badan Standardisasi Nasional (BSN), Indonesia, 2009.

Anonim, Peraturan Gubenur Jawa Timur Nomor 72 Tahun 2013 tentang baku mutu air limbah industry dan/atau usaha kegiatan lainnya, 2013.

APHA, Standard Methods for the Examination for Water and Wastewater, 19th edition, Washington, 1995.

Bennet J., Environmental Values and Water Policy, Vol. 41, Australian Geographical Studies, Australia, 2003.

Meyer D.N., et al., Brine Shrimp: A Convenient General Bioassay for Active Plant Constituent, vol.45, hal.31-34, Hippokrates Verlag Gmbh, 1982.

Panagan A.T., Analisis Kualitatif dan Kuantitatif Asam Lemak tak Jenuh Omega-3 dari Ikan Patin (Pangasius pangasius) dengan Metode Kromatografi Gas, Jurnal Penelitian Sains, vol. 14, no. 4, 2011.

Probosunu N, Ekotoksikologi dan Pengendalian Pencemaran Perairan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 2004.

Rochdianto A., Kiat Budidaya Ikan di Saluran Irigasi, Kanisius, Indonesia, 2000.

US EPA, Methods for Measuring the Acute Toxicity of Effluents and Receiving Water to Freshwater and Marine Organisms , 5th Edition, US Environmental Protection Agency, 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.